Gelombang Panas di India: Suhu Udara Tembus 42.2 Derajat Celcius, Akibatkan 34 Warga Tewas!

Gelombang Panas di India: Suhu Udara Tembus 42.2 Derajat Celcius, Akibatkan 34 Warga Tewas!

India diterjang gelombang panas yang mengakibatkan 34 warga tewas. Peningkatan suhu udara mencapai 42.2 derajat celcius. (18/6/2023)-@PGDynes-Twitter

BACA JUGA: Presiden Ukraina Sambangi Wilayah Banjir Kherson Imbas Kehancuran Dam Kakhovka

Yogi Adityanath selaku Ketua Menteri Uttar Pradesh dari Partai Bharatiya Janata (BJP) meyakinkan masyarakatnya bahwa pemerintah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan pasokan listrik yang tidak terputus di negara bagian tersebut.

Dia mengimbau warga untuk bekerja sama dengan pemerintah dan menggunakan listrik secara bijak.

“Setiap desa dan setiap kota harus mendapat pasokan listrik yang cukup selama panas terik ini. Jika ada kesalahan, harus segera ditangani,” katanya.

BACA JUGA: Xi Jinping Tegaskan China Dukung Kemerdekaan Palestina

Selama gelombang panas, negara tersebut biasanya juga mengakibatkan kekurangan air yang parah, dengan puluhan juta dari 1,4 miliar penduduknya kekurangan air bersih.

Sebuah studi oleh World Weather Attribution dari kelompok akademis yang meneliti sumber panas ekstrem, menemukan bahwa gelombang panas pada bulan April yang melanda sebagian Asia Selatan setidaknya 30 kali lebih mungkin disebabkan oleh perubahan iklim.

Pada bulan April, panas menyebabkan 13 orang meninggal pada acara pemerintah di ibu kota keuangan India, Mumbai, dan membuat beberapa negara bagian menutup semua sekolah selama seminggu.(*)

 

Sumber: