12 Jenis Kentang yang Ada di Dunia yang Harus Kamu Tau!

12 Jenis Kentang yang Ada di Dunia yang Harus Kamu Tau!

Jenis Kentang yang Ada di Dunia yang Harus Kamu Tau--(Sumber Gambar: Pixabay/Couleur)

BACA JUGA:Cara Buat Mustofa Kentang Enak dan Dijamin Renyah

 

7. Fingerling

Namanya mungkin terdengar unik, Fingerling punya bentuk panjang seperti jari. Teksturnya creamy dan rasanya sedikit manis. Cocok untuk diolah jadi kentang panggang atau direbus, dan sering banget muncul di hidangan gourmet.

8. Atlantic

Kentang Atlantic populer di Amerika Serikat sebagai bahan utama kentang goreng dan keripik kentang. Teksturnya padat dan tinggi pati, bikin gorengan jadi garing di luar, lembut di dalam.

9. Kennebec

Kennebec sering banget dipakai oleh chef profesional. Rasanya netral dengan tekstur padat, bikin kentang ini cocok untuk segala macam olahan, mulai dari gorengan, panggang, sampai kentang tumbuk.

10. Kentang Dieng

Dari lokal nih, Kentang Dieng yang populer di Indonesia. Teksturnya padat dan rasa “kentang banget,” cocok buat digoreng atau dijadiin bahan sup. Ini favorit buat banyak masakan Nusantara!

11. Redskin

Seperti namanya, Redskin punya kulit merah dengan daging putih. Teksturnya lebih lembut dan rasanya sedikit manis. Cocok untuk salad kentang, rebusan, atau digoreng.

12. Kipfler

Kipfler berasal dari Austria dan mirip dengan Fingerling. Teksturnya waxy dan rasanya sedikit manis, membuatnya sering dijadikan bahan salad atau rebusan dalam masakan Eropa.

Nah, sekarang kamu tahu kan, kentang ternyata punya banyak jenis dengan karakteristik yang beda-beda. Jadi, sesuaikan jenis kentang yang kamu pilih dengan hidangan yang mau kamu buat, biar hasilnya lebih maksimal! 

Sumber: berbagai sumber