Waspada! Ini Dia 5 Efek Menggunakan Skincare yang Sudah Kadaluarsa

Waspada! Ini Dia 5 Efek Menggunakan Skincare yang Sudah Kadaluarsa

Efek Menggunakan Skincare yang Sudah Kadaluarsa--ilustrasi

RADAR JABAR - Pernah nggak sih, kamu mendapati botol skincare kesayanganmu dan melihat tanggal kedaluwarsanya sudah lewat? Kebanyakan orang mungkin langsung merasa sayang untuk membuangnya, terutama jika produk itu masih tersisa banyak.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk tetap menggunakan skincare yang sudah kadaluarsa, ada baiknya kamu tahu dulu efek-efek buruk yang bisa terjadi.

5 efek menggunakan skincare yang sudah kadarluarsa:

1. Iritasi Kulit yang Mengganggu

Salah satu masalah paling umum yang bisa kamu alami setelah menggunakan skincare kedaluwarsa adalah iritasi kulit. Produk yang sudah lewat masa pakainya bisa mengalami perubahan dalam komposisi kimia, dan ini bisa menyebabkan reaksi negatif saat diaplikasikan.

Kamu bisa mengalami kemerahan, rasa gatal, atau bahkan pengelupasan kulit. Misalnya, jika kamu menggunakan serum yang seharusnya menenangkan kulit, justru yang terjadi adalah kulitmu menjadi semakin sensitif dan membuatmu merasa tidak nyaman.

BACA JUGA:Kebiasaan Mengucek Mata Setiap Pagi Bisa Buat Kamu Cepat Menua? Ini 5 Dampak Mengucek Mata Setiap Pagi

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tanaman Terbaik untuk Bersihkan Udara di Teras Rumah yang Bisa Jadi Pilihan!

Jadi, kalau kulitmu tiba-tiba bereaksi aneh, coba ingat-ingat deh, apakah produk yang kamu gunakan masih dalam masa pakai?

2. Risiko Infeksi Kulit

Kedua, skincare yang sudah kadaluarsa bisa meningkatkan risiko infeksi kulit. Seiring waktu, kemampuan pengawet dalam produk tersebut berkurang, dan ini dapat membuat produk lebih rentan terhadap kontaminasi bakteri atau jamur.

Jika kamu menggunakan produk yang terkontaminasi, kemungkinan besar kamu akan mengalami infeksi kulit seperti dermatitis kontak, atau bahkan yang lebih serius. Misalnya, jika kamu menggunakan krim pada area kulit yang sensitif dan ada luka kecil, bisa jadi luka itu terinfeksi. Hati-hati ya!

3. Jerawat dan Komedo Muncul Tak Terduga

Efek ketiga yang mungkin kamu alami adalah munculnya jerawat dan komedo. Produk skincare seperti pelembap atau serum sering mengandung minyak dan bahan aktif lainnya yang berfungsi untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

Namun, jika produk tersebut sudah tidak layak pakai, bahan-bahan tersebut bisa menjadi tidak efektif dan bahkan menyumbat pori-pori. Nah, ini dia yang sering disebut sebagai acne cosmetica, di mana kosmetik atau skincare tertentu justru menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:10 Tanaman Wangi yang Bisa Bikin Rumah Jadi Lebih Segar dan Harum

BACA JUGA:5 Makanan Kaya Asam Folat yang Baik untuk Kesehatan, Terutama untuk Ibu Hamil

Jadi, kalau kamu mendapati jerawat tiba-tiba muncul setelah menggunakan produk lama, bisa jadi itu penyebabnya.

4. Perubahan Warna dan Tekstur Kulit

Sumber: