10 Kota Tertua di Indonesia Ini Sudah Ada Ribuan Tahun Sebelum Merdeka

10 Kota Tertua di Indonesia Ini Sudah Ada Ribuan Tahun Sebelum Merdeka

10 Kota Tertua di Indonesia-Kota Bau-Bau-

RADAR JABAR - Topik yang akan kita bahas adalah 10 kota tertua di Indonesia. Indonesia memiliki sejarah panjang sebelum memperoleh kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.

Kita akan membahas tentang edukasi pengetahuan umum dan hiburan yang tentunya sangat bermanfaat bagi Anda semua.

Beberapa kota di Indonesia bahkan memiliki usia yang jauh lebih tua dibandingkan negara Indonesia itu sendiri, berusia ribuan tahun, dan pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan di masa lalu.

Terbentuknya kota ini juga tak lepas dari sejarah kerajaan kuno nusantara yang peninggalannya masih bisa kita lihat hingga sekarang.

10 Kota Tertua di Indonesia

Berikut adalah 10 kota paling tua di Indonesia beserta sejarah singkatnya.

1. Kota Padang

Kota Padang merupakan kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera dan ibu kota Provinsi Sumatera Barat. Hari jadi Kota Padang ditetapkan pada tanggal 7 Agustus 1669, bertepatan dengan peristiwa pergolakan masyarakat Pauh dan Kota Tua melawan monopoli VOC.

BACA JUGA:10 Kota Termiskin di Indonesia Pada 2024 Menurut Data BPS

BACA JUGA:10 Negara Termiskin di Asia Pada 2024

Pada sekitar abad ke-15, di masa Kerajaan Minangkabau yang dipimpin oleh Raja Adityawarman, Padang merupakan pemukiman nelayan. Berdasarkan Tambo Minangkabau, Padang dikenal sebagai daerah rantau.

Pendatang pertama berasal dari Kubung Tiga Belas, Solok, melalui Luhak Nan Tigo. Padang kala itu menjadi daerah persinggahan sebelum menuju Aceh. Sebelum abad ke-17, Padang tidak begitu penting bagi Kerajaan Minangkabau karena hanya dianggap sebagai daerah rantau.

2. Kota Tegal

Kota yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa ini termasuk dalam daftar kota tertua di Indonesia. Awalnya, kota ini merupakan sebuah desa bernama Tetegual yang sudah menunjukkan kemajuan pada tahun 1530 dan menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Pemalang yang mengakui kedaulatan Kerajaan Pajang.

Nama Tetegual diberikan oleh pelaut Portugis bernama Tome Pires yang pernah singgah di pelabuhan Tegal pada tahun 1500-an. Konon, Tetegual berarti tanah subur yang mampu menghasilkan tanaman pertanian.

Namun, ada sumber lain yang menyebutkan bahwa desa cikal bakal Kota Tegal dibangun oleh Ki Gede Sebayu. Penobatan Sebayu sebagai pemimpin tertinggi dilakukan bersamaan dengan festival tradisional setelah panen besar pada tanggal 12 April 1580.

3. Kota Ambon

Cikal bakal Kota Ambon sudah mulai ada sejak tahun 1575, ketika benteng Portugis bernama Benteng Kota Laha (atau Ferangi) dibangun di Pantai Holiput.

Sumber: