10 Kota Tertua di Indonesia Ini Sudah Ada Ribuan Tahun Sebelum Merdeka

10 Kota Tertua di Indonesia Ini Sudah Ada Ribuan Tahun Sebelum Merdeka

10 Kota Tertua di Indonesia-Kota Bau-Bau-

Setelah pembangunan benteng tersebut, beberapa kelompok masyarakat, seperti Soa Ema, Soa Kilang, Soa Silale, Hative, Urimesing, dan lainnya mulai menetap di sekitar benteng itu.

Dalam perkembangannya, kelompok-kelompok ini kemudian membentuk masyarakat teritorial yang lebih teratur. Oleh karena itu, hari jadi Kota Ambon ditetapkan pada tanggal 7 September 1575.

4. Kota Baubau

Kota Baubau adalah salah satu kota di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Kota ini resmi berstatus sebagai kota pada tanggal 21 Juni 2001, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2001.

Namun, dalam Peraturan Daerah (Perda) disebutkan bahwa hari lahir Kota Baubau jatuh pada tanggal 17 Oktober 1541. Salah satu bukti sejarah yang mendukung berdirinya Kota Baubau berasal dari kisah sejarah Kerajaan Buton atau Wolio, yang didirikan pada abad ke-15.

Bukti peninggalan sejarah ini dapat dilihat pada objek wisata Kompleks Keraton Kerajaan Buton, di mana banyak terdapat peninggalan dari masa kejayaan kerajaan tersebut.

5. Kota Surabaya

Kota Surabaya disebut sebagai "Kota Pahlawan" karena sejarah berdirinya sangat erat kaitannya dengan nilai heroisme dan perjuangan "arek-arek Suroboyo" dalam mempertahankan tempat tinggal mereka dari pasukan Sekutu.

Nama "Surabaya" sendiri berasal dari kata "sura" yang berarti berani dan "baya" yang berarti bahaya. Secara harfiah, Surabaya berarti "berani menghadapi bahaya."

Salah satu peristiwa bersejarah di Kota Surabaya adalah pertempuran antara pasukan Raden Wijaya dan pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan pada tahun 1293. Peristiwa ini sangat bersejarah, sehingga tanggal pertempuran tersebut, yaitu 31 Mei, diabadikan sebagai tanggal resmi berdirinya Kota Surabaya.

6. Kota Banda Aceh

Selain menjadi salah satu kota tertua di Indonesia, Kota Banda Aceh juga dikenal sebagai salah satu kota Islam tertua di Asia Tenggara. Berdasarkan informasi dari laman resmi Kota Banda Aceh, kota ini dibangun oleh Sultan Johansyah pada hari Jumat, tanggal 1 Ramadan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi.

Dengan demikian, Kota Banda Aceh telah berusia 819 tahun. Dalam perkembangannya, Banda Aceh memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam ke seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kota ini sering disebut sebagai "Serambi Makkah."

BACA JUGA:10 Kota Ternyaman di Indonesia untuk Ditinggali Jangka Panjang

BACA JUGA:10 Hotel Termewah di Jakarta 2024, Fasilitas Nyaman Bintang Lima

Hingga saat ini, Banda Aceh masih mempertahankan budaya dan ajaran agama Islam. Banyak pelajar dari seluruh penjuru Nusantara datang ke kota ini untuk memperdalam ilmu agama Islam.

7. Kota Magelang

Kota Magelang merupakan kota tertua keempat di Indonesia. Kota yang terkenal dengan kemegahan Candi Borobudur ini sudah berdiri sejak 11 April 907 Masehi.

Penetapan asal-usul Magelang didasarkan pada keterangan yang terdapat di Prasasti Gilikan, Prasasti Poh, dan Prasasti Mantyasih.

Sumber: