Pemkab Bandung Ikuti Rakor Pembahasan Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah

Pemkab Bandung Ikuti Rakor Pembahasan Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah

Pemkab Bandung melalui Disdagin mengikuti pelaksanaan rakor pembahasan langkah konkret pengendalian inflasi di daerah tahun di Command Center-Yusuf-Radar Jabar

Sedangkan perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga, menurutnya, kelompok ini pada Agustus 2024 mengalami inflasi sebesar 0,41 persen atau terjadi kenaikan indeks dari 105,41 pada Juli 2024 menjadi 105,84 pada Agustus 2024.

"Dari enam subkelompok pengeluaran pada kelompok ini, tiga subkelompok mengalami inflasi dan tiga subkelompok lainnya tidak mengalami perubahan indeks," urainya.

Disampaikan Dicky, subkelompok yang mengalami inflasi yaitu subkelompok furnitur, perlengkapan dan karpet sebesar 0,46 persen,  subkelompok barang pecah belah dan peralatan makan minum sebesar 0,95 persen; dan subkelompok barang dan layanan untuk pemeliharaan rumah tangga rutin sebesar 0,49 persen.

"Sementara subkelompok yang tidak mengalami perubahan indeks yaitu subkelompok tekstil rumah tangga, subkelompok peralatan rumah tangga dan subkelompok peralatan dan perlengkapan perumahan dan kebun," ucapnya.

Dicky mengungkapkan kelompok ini pada Agustus 2024 mengalami deflasi sebesar 0,01 persen atau terjadi  perubahan indeks dari 97,37 pada Juli 2024 menjadi 97,36 pada Agustus 2024.

"Terdapat tiga subkelompok pengeluaran pada kelompok ini, 1 satu  subkelompok mengalami deflasi dan dua  subkelompok tidak mengalami perubahan indeks," sebutnya.

Subkelompok yang mengalami deflasi yaitu subkelompok peralatan informasi dan komunikasi sebesar 0,05 persen. Sementara dua subkelompok pengeluaran lainnya tidak mengalami perubahan indeks, yaitu subkelompok layanan informasi dan komunikasi; dan subkelompok jasa keuangan.

"Kelompok ini pada Agustus 2024 tidak memberikan andil/sumbangan yang signifikan terhadap inflasi/deflasi  kabupaten," ungkapnya.

Terkait dengan rekreasi, olahraga, dan budaya. Menurutnya, kelompok ini pada Agustus 2024 tidak mengalami perubahan indeks. 

"Indeks sebesar 105,09 pada Juli 2024 sama dengan indeks pada Agustus 2024.

Dua subkelompok pengeluaran pada kelompok ini tidak mengalami perubahan indeks, yaitu subkelompok barang rekreasi lainnya dan olahraga; dan subkelompok koran, buku, dan perlengkapan sekolah," jelasnya. 

Katanya, kelompok ini pada Agustus 2024 tidak memberikan andil/sumbangan yang signifikan terhadap inflasi maupun deflasi Kabupaten Bandung. 

Tentang pendidikan, papar Dicky, kelompok ini pada Agustus 2024 mengalami inflasi sebesar 0,08 persen atau terjadi perubahan indeks dari 104,24 pada Juli 2024 menjadi 104,32 pada Agustus 2024.

"Terdapat satu subkelompok pengeluaran pada kelompok ini yang mengalami inflasi yaitu subkelompok pendidikan lainnya sebesar 0,75 persen. Sementara tiga subkelompok pengeluaran lainnya tidak mengalami perubahan indeks, yaitu subkelompok pendidikan dasar dan anak usia dini, subkelompok pendidikan menengah, dan subkelompok pendidikan tinggi," tuturnya.

Menurutnya, kelompok ini pada Agustus 2024 tidak memberikan andil/sumbangan yang signifikan terhadap inflasi maupun deflasi Kabupaten Bandung.

Sumber: