8 Anggapan Salah Tentang Abad Pertengahan, Ternyata Cuma Mitos

8 Anggapan Salah Tentang Abad Pertengahan, Ternyata Cuma Mitos

mitos abad pertengahan-Ilustrasi/Unsplash-

Faktanya, mereka menikmati mandi, baik di luar maupun di dalam ruangan. Mereka membuat dan menggunakan sabun di rumah, dan juga senang mengunjungi pemandian umum. Meskipun sikat gigi hanya ada di Cina pada Abad Pertengahan, orang-orang di Eropa menjaga kebersihan gigi mereka dengan kain.

Mereka juga sesekali menggunakan obat alami untuk menyegarkan napas dan menjaga gigi tetap putih. Pada masa itu, orang bahkan memiliki ritual mencuci tangan sebelum makan, terutama di kalangan bangsawan. Para petani juga mencuci tangan, tetapi kalangan bangsawan menggunakan toilet yang mewah, dan para penyanyi akan menyanyikan lagu saat mereka mencuci tangan.

Jika mereka makan bersama raja, mereka akan menunggu raja mencuci tangannya sebelum duduk sebagai tanda penghormatan dan pengakuan atas kekuasaan dan pentingnya sang raja. Banyak sejarawan berpendapat bahwa tradisi ini mulai memudar sekitar abad ke-16, ketika orang mulai menggunakan garpu sebagai pengganti jari-jari yang telah dibersihkan.

4. Orang Abad Pertengahan tidak menggunakan alat makan

Mitos berikutnya adalah bahwa orang Abad Pertengahan tidak menggunakan alat makan. Ini juga tidak benar. Meskipun mereka memang makan beberapa makanan dengan tangan, tidak semuanya begitu.

Sendok dan pisau adalah alat yang cukup umum, dan garpu sebenarnya sudah ada sejak abad keempat di Kekaisaran Bizantium. Pada abad ke-11, garpu menjadi hal yang umum di Italia, dan negara-negara Eropa lainnya mulai menambahkannya sebagai bagian dari peralatan makan mereka.

5. Orang-orang tidak melakukan perjalanan pada Abad Pertengahan

Meskipun mereka tidak memiliki cara bepergian yang sama seperti kita saat ini, bukan berarti mereka lahir, tumbuh, dan meninggal tanpa pernah meninggalkan satu tempat pun. Ada banyak catatan yang menunjukkan bahwa banyak orang melakukan perjalanan.

Mereka bahkan berpindah ke tempat lain di seluruh negara. Manusia selalu penasaran dengan dunia di sekitar mereka, tidak peduli di zaman apa pun mereka hidup. Para petani di seluruh Eropa akan mengunjungi biara-biara dan gereja-gereja, atau melakukan ziarah, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.

6. Kesatria Abad Pertengahan sangat lamban karena baju besi mereka yang berat

Kesalahpahaman ini mungkin berasal dari buku Mark Twain berjudul A Connecticut Yankee in King Arthur's Court, di mana karakter utamanya, yang berasal dari abad ke-19, terbangun di Inggris Abad Pertengahan dan menggambarkan kesatria sebagai sulit bergerak karena baju besi berat mereka. Meskipun ide ini lucu, sebenarnya tidak benar.

Jika baju besi benar-benar menjadi beban, para kesatria tidak akan mampu bertempur atau melakukan banyak aktivitas. Baju besi berkualitas tinggi pada masa itu memiliki berat maksimal sekitar 27 kg, dan berat tersebut didistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Sejarah Pembangunan Piramida Giza Mesir, Patung Sphinx Awalnya Berwarna

BACA JUGA:Sejarah Olimpiade Dunia, Berawal dari Zaman Yunani Kuno

Seorang kesatria yang telah mempersiapkan diri untuk medan perang hampir sepanjang hidupnya dapat memanjat, berlari, dan melakukan aktivitas atletik lainnya dengan hanya sedikit batasan.

7. Pengadilan penyihir tidak begitu umum terjadi di Abad Pertengahan

Meskipun pengadilan penyihir memang terjadi pada waktu tertentu, banyak kisah tersebut dibesar-besarkan. Hingga abad ke-14, dunia tidak banyak peduli atau tahu tentang gagasan sihir dan penyihir.

Namun, menjelang akhir Abad Pertengahan, beberapa orang mulai menganggap bahwa beberapa individu bekerja sama dengan setan dan ilmu hitam. Ada catatan resmi tentang pengadilan penyihir dan buku-buku yang membahas bahayanya, tetapi kegemaran akan ilmu sihir ini lebih umum terjadi antara abad ke-16 dan ke-18 di Amerika Utara dan Eropa.

Pada masa itu, puluhan ribu orang dituduh sebagai penyihir dan menghadapi nasib buruk. Meskipun ketakutan akan penyihir masih ada hingga saat ini, lebih banyak orang menghadapi akhir hidup mereka karena tuduhan penyihir di abad ke-21 dibandingkan dengan Abad Pertengahan.

8. Banyak yang percaya bahwa para dokter mengenakan pakaian yang aneh pada Abad Pertengahan

Sumber: