8 Mitos Menstruasi di Indonesia yang Perlu Diketahui Faktanya!

8 Mitos Menstruasi di Indonesia yang Perlu Diketahui Faktanya!

Ilustrasi--Freepik

RADAR JABAR - Di Indonesia kita dekat sekali dengan tradisi karena keanekaragaman suku dan budaya. Termasuk mitos menstruasi di Indonesia yang beredar yang dipercayai oleh masyarakat.

Menstruasi adalah bagian alami dari siklus reproduksi wanita, namun masih terdapat berbagai mitos seputar menstruasi yang beredar di masyarakat, khususnya di Indonesia. Mitos-mitos ini tidak hanya menyesatkan tetapi juga dapat mempengaruhi cara pandang dan perilaku terhadap menstruasi.

Namun tak selamanya mitos menstruasi ini benar adanya. Terkadang ada beberapa fakta dari mitos tersebut yang tidak sesuai.

Berikut adalah beberapa mitos menstruasi di Indonesia, serta dengan penjelasan mengapa mitos tersebut tidak sesuai dengan fakta.

1. Menstruasi Lancar dengan Minum Soda

Mitos yang pertama adalah anggapan bahwa minum soda dapat membuat menstruasi lebih lancar atau lebih cepat. Kebenaran di balik ini adalah tidak ada korelasi antara konsumsi soda dan perubahan siklus menstruasi.

Soda, yang umumnya mengandung gula dan kafein, tidak memiliki efek langsung pada hormon atau siklus menstruasi.

BACA JUGA:Menstruasi yang Menyakitkan: Faktor-faktor Penyebab dan Cara untuk Mengatasi

2. Nanas Membuat Tubuh Nyeri saat Menstruasi

Banyak yang percaya bahwa mengonsumsi nanas selama menstruasi dapat menyebabkan rasa nyeri yang lebih intens. Sejatinya, nanas adalah buah yang kaya akan vitamin C dan enzim bromelain, yang baik untuk kesehatan dan tidak terbukti mempengaruhi rasa nyeri atau siklus menstruasi.

3. Makan Kepala Ikan

Mitos lain mengklaim bahwa mengonsumsi kepala ikan dapat mempercepat menstruasi. Namun, seperti halnya dengan makanan lain, kepala ikan tidak memiliki kandungan khusus yang berpengaruh terhadap menstruasi.

Nutrisi yang seimbang adalah kunci utama untuk menstruasi yang sehat, bukan jenis makanan tertentu.

4. Tidak Boleh Keramas saat Menstruasi

Mitos ini mengatakan bahwa keramas saat menstruasi dapat mengganggu siklus. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.

Menjaga kebersihan diri, termasuk keramas, sangat penting terutama selama menstruasi untuk kenyamanan dan kesehatan.

BACA JUGA:4 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi yang Kaya Nutrisi dan Vitamin!

5. Tidak Boleh Potong Kuku saat Menstruasi

Beberapa orang percaya bahwa memotong kuku saat menstruasi dapat membawa dampak negatif. Namun, ini hanyalah kepercayaan tanpa dasar ilmiah.

Sumber: