Selain Sebagai Protein yang Gampang Dicari, Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Tahu dan Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

Selain Sebagai Protein yang Gampang Dicari, Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Tahu dan Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Tahu dan tempe merupakan dua makanan tradisional yang sangat populer dan mudah ditemukan di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya.

Selain dikenal sebagai makanan yang lezat, tahu dan tempe juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Keduanya terbuat dari kedelai, yang dikenal sebagai salah satu sumber protein nabati yang sangat baik.

 

Berikut adalah 10 manfaat mengonsumsi tahu dan tempe bagi kesehatan:

 

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Tahu dan tempe adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Protein adalah makronutrien yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, memproduksi enzim dan hormon, serta mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Tahu mengandung sekitar 8 gram protein per 100 gram, sementara tempe mengandung sekitar 19 gram protein per 100 gram. Meskipun protein dalam tahu lebih rendah dibandingkan tempe, kedua makanan ini tetap menjadi alternatif yang baik bagi mereka yang mencari sumber protein nabati, terutama bagi vegetarian atau vegan.

Protein dalam tahu dan tempe juga mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh, menjadikannya sumber protein lengkap yang setara dengan daging dan produk hewani lainnya.

2. Kaya akan Serat

Tempe, karena proses fermentasinya, memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan tahu. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan karena membantu mencegah sembelit, mengatur kadar gula darah, dan menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti tempe, dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Selain itu, serat dalam tempe juga dapat berfungsi sebagai prebiotik, yaitu makanan bagi bakteri baik di usus. Bakteri baik ini memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yang berkontribusi pada kesehatan sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

 

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Makanan yang Mengandung Protein, Sangat Baik untuk Kesehatan!

 

3. Sumber Kalsium dan Zat Besi

Kalsium dan zat besi adalah dua mineral yang sangat penting bagi kesehatan. Kalsium diperlukan untuk membangun dan memelihara tulang dan gigi yang kuat, serta mendukung fungsi saraf dan otot. Zat besi diperlukan untuk memproduksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tahu, terutama tahu yang diperkaya kalsium, adalah sumber kalsium yang baik. Satu porsi tahu (sekitar 100 gram) dapat menyediakan sekitar 20% dari kebutuhan harian kalsium. Ini menjadikan tahu sebagai alternatif yang baik bagi mereka yang intoleran terhadap laktosa atau tidak mengonsumsi produk susu.

Sumber: