Lebih Baik Makan Sebelum atau Setelah Olahraga? Begini Penjelasannya yang Harus Diketahui

Lebih Baik Makan Sebelum atau Setelah Olahraga? Begini Penjelasannya yang Harus Diketahui

Foto ilustrasi orang berolahraga-Fotorech-Tangkapan layar via Pixabay

Radar Jabar Disway – Lebih baik makan dahulu atau tidak sebelum olahraga? Sebuah pertanyaan yang sangat menarik untuk diketahui jawabannya mengingat hal ini mungkin sering ada di benak orang yang ingin berolahraga.

 

Olahraga merupakan kegiatan menyehatkan yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Paling umum dilakukan pada pagi maupun sore hari, olahraga banyak jenisnya sehingga kita bisa mencoba yang beragam macam.

 

Ada satu hal yang sering jadi pertanyaan setiap orang ketika hendak melakukan kegiatan menyehatkan tersebut. Itu adalah, apakah lebih makan dahulu atau tidak sebelum olahraga? Anda mungkin pernah makan dahulu atau malah tidak makan sebelum berolahraga.

 

Tapi jika berbicara tentang mana lebih baik, pada dasarnya makan sebelum maupun sesudah olahraga baik bagi tubuh tergantung pada jenis dan intensitas olahraganya (dikutip dari Hello Sehat). Salah satu olahraga yang dianjurkan untuk seseorang makan dahulu sebelum melakukannya adalah olahraga intensitas tinggi dalam durasi panjang seperti marathon.

 

Menurut studi dalam jurnal Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports, makan sebelum olahraga bisa meningkatkan kemampuan untuk berolahraga dengan durasi panjang. Terkait waktu makan sebelum berolahraga, ahli sebagaimana dilansir Mayo Clinic dari Halodoc menyarankan sebaiknya makan dua jam menjelang melakukan olaharaga.

 

Makan sebelum berolahraga sangat penting supaya kadar gula darah meningkat sehingga tubuh tidak kehabisan energi. Dr. Robby Firmansyah Murzen dari Alodokter mengungkapkan makanan tepat dikonsumsi sebelum olahraga ialah yang kaya nutrisi karbohidrat, protein, dan lemak, sehingga bisa meningkatkan energi dan performa olahraga.

 

Conoth beberapa makanan yang cocok dikonsumsi sebelum berolahraga seperti buah-buahan segar, protein bar, susu, roti dengan selai kacang, dan yoghurt. Makan makanan berkandungan karbohidrat sebelum melaksanakan aktivitas fisik juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil serta mencegah kelelahan.

 

Sumber: