Wamentan RI Targetkan Pompanisasi di Jawa Barat Capai 117 Ribu Hektare, Ini Harapannya 

Wamentan RI Targetkan Pompanisasi di Jawa Barat Capai 117 Ribu Hektare, Ini Harapannya 

Wamentan RI Targetkan Pompanisasi di Jawa Barat Capai 117 Ribu Hektare, Ini Harapannya --Sumber gambar: Yusup / Radar Jabar

"Tadi saya mengecek dan mendengar langsung dari petani bahwa pipa yang telah dipasang ini sebagian merupakan swadaya dari petani," ujarnya.

"Mereka (petani) mengumpulkan uang secara swadaya, kemudian melakukan pipanisasi sendiri sejauh dua kilo untuk mengairi sejumlah sawah milik petani lainnya," sambung Sudaryono.

 

BACA JUGA: Jadi Nominator Percontohan Kabupaten Anti Korupsi, Pemkab Bandung Harus Penuhi 6 Komponen Ini

 

Ia mengaku terharu atas apa yang telah dilakukan oleh para petani di wilayah ini dan menurutnya langkah tersebut patut diapresiasi.

"Saya jujur sangat terharu sekali bahwa ternyata memang program kita mengena sampai ke petani dan bantuan yang diberikan langsung dimanfaatkan oleh petani di lapangan," tuturnya.

"Kami sebagai penyelenggara negara, dalam hal ini di bidang pertanian, sangat gembira dan terharu untuk melihat kondisi lingkungan. Dimana bantuan ini dimanfaatkan dengan secara maksimal," ujarnya.

Lebih jauh Sudaryono mengatakan, terkait sejumlah usulan dari para petani, pihaknya akan menampung dan sebisa mungkin akan memenuhi usulan tersebut.

"Usulan dari para petani, kita tampung dan tentunya akan dipenuhi. Namun yang terpenting, para petani juga harus membantu kami dalam mensukseskan program pemerintah, khususnya di bidang pertanian," ungkapnya.

Perihal lahan yang kurang produktif, diharapkan para petani terus bersemangat sehingga lahan tersebut kembali menjadi produktif.

"Jangan biarkan ada area atau lahan nganggur. Jadikan area tersebut kembali menjadi produktif dan berdayakan dengan baik," pungkasnya.*(ysp)

Sumber: