6 Rekomendasi Makanan yang Membantu Mengatasi Batuk? Simak Selengkapnya Disini!

6 Rekomendasi Makanan yang Membantu Mengatasi Batuk? Simak Selengkapnya Disini!

Rekomendasi Makanan yang Membantu Mengatasi Batuk--(Sumber Gambar: Pixabay)

RADAR JABAR -  Saat mengalami batuk, tentu tenggorokan kita menjadi tidak nyaman, gatal, dan berlendir. batuk yang ditahan-tahan bisa sangat mengganggu, terutama di tempat ramai.

Selain menggunakan obat-obatan atau cara alami, ada juga makanan yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan batuk. Mari kita bahas makanan-makanan yang bisa membantu menyembuhkan batuk.

Rekomendasi makanan yang Membantu Mengatasi Batuk

1. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan yang bagus untuk dikonsumsi saat batuk kering maupun berdahak. Buah pisang lembut ketika dikonsumsi dan tidak mengganggu saluran pernapasan serta tenggorokan.

Pisang mengandung vitamin, mineral, dan kalori yang membantu mencukupi kebutuhan energi harian, sehingga tubuh bisa melawan penyakit lebih efektif. Namun, ingat untuk mengonsumsi pisang matang, bukan pisang goreng.

2. Asupan Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk tubuh yang sedang tidak fit, termasuk saat batuk. Mengonsumsi vitamin C dari sayuran dan buah-buahan dapat membantu melawan bakteri atau virus penyebab batuk.

Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Beberapa sumber vitamin C yang baik antara lain buah jeruk, stroberi, pepaya, dan brokoli.

3. Sup Ayam

Mengonsumsi sup ayam bisa membantu melegakan tenggorokan dan mengencerkan lendir. Sup ayam yang hangat dapat mencegah dehidrasi dan mengandung protein yang baik untuk tubuh.

Kombinasikan sup ayam dengan sayuran seperti wortel, brokoli, dan kentang untuk menambah asupan vitamin dan mineral.

Sup ayam merupakan salah satu makanan yang efektif untuk membantu melegakan tenggorokan dan mempercepat penyembuhan batuk. Kandungan nutrisi dalam sup ayam dapat memberikan manfaat ganda, yaitu memberikan kenyamanan pada tenggorokan serta menyuplai nutrisi yang diperlukan tubuh untuk melawan penyakit.

 

BACA JUGA:5 Ramuan Alami yang Dapat Mengatasi Batuk Pilek

 

4. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang membantu mengatasi batuk yang disebabkan oleh bakteri. Madu juga mengandung manfaat lain yang baik untuk tubuh.

Sumber: youtube saddam ismail