Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi Pakai Pakaian Adat Melayu

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi Pakai Pakaian Adat Melayu

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi Pakai Pakaian Adat Melayu--Jabar Ekspres

RADAR JABAR - Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Riau, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Saat memimpin upacara yang dimulai pukul 07.15 WIB, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Melayu Teluk Belange yang berwarna hitam dan kuning.

Sesampainya di lokasi, Presiden Jokowi segera menyapa dan bersalaman dengan para pejabat yang hadir, termasuk Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

BACA JUGA:Dipilih sebagai Tempat Upacara Hari Lahir Pancasila, Blok Rokan Menjadi Lambang Ketahanan Energi Nasional

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di blok migas terbesar di Indonesia ini juga dihadiri oleh berbagai menteri, pimpinan lembaga, serta anggota TNI dan Polri. Komandan upacara adalah Kombespol Andri Ananta Yudistira, Direktur Reskrimum Polda Jambi.

Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa. Teks Pancasila dibacakan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, sementara naskah pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

BACA JUGA:Aktivitas Vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki Meningkat, Suplai Magma Masih Tinggi

Menariknya, semua peserta upacara kali ini mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir di upacara ini termasuk Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

BACA JUGA: Kunjungan Bela Sungkawa BPIP untuk Almarhumah Kayla Nur Sifa

Juga hadir Kepala BIN Budi Gunawan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah, dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Upacara yang diikuti oleh 1.045 peserta ini juga dihadiri secara online oleh mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno yang tetap mengenakan pakaian adat.

Sumber: Jabar Ekspres