BPIP Adakan Program Inovatif 'For Your Pancasila' di Pendopo Kota Bandung

BPIP Adakan Program Inovatif 'For Your Pancasila' di Pendopo Kota Bandung

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar workshop Penguatan Konten Kreator di Jawa Barat (Jabar) di Pendopo Kota Bandung, pada Rabu (26/6/2024) --instagram/bpip

Radar Jabar - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)  telah mengadakan acara yang bertajuk  “Penguatan Kreator Konten Jawa Barat” pada Rabu, 26 Juni 2024, di  di Pendopo Kota Bandung, Bandung, Jawa Barat. 
 
Acara tersebut dihadiri 250 orang content creator dengan tujuan memperkokoh pemahaman dan penerapan nilai-nilai luhur Pancasila melalui pembelajaran aktif.

Dalam acara yang bertema “For Your Pancasila” tersebut menghadirkan tiga orang narasumber yang diantaranya yaitu Deris Nagara (Motivator dan Pegiat Media Sosial), Kevin Lilliana (Puteri Indonesia 2017) dan Antonius Benny Susetyo (Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP).

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo, menyebutkan pentingnya generasi muda memiliki kesadaran dalam mencintai bangsa dan negara melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Benny menjelaskan bahwa gerakan ini perlu didukung oleh instansi daerah terkait untuk menciptakan ekosistem digital yang positif dan berlandaskan Pancasila. “Ekosistem era digital harus diisi dengan konten-konten positif yang mengutamakan Pancasila dalam tindakan,” ujar Benny kepada wartawan.

 

BACA JUGA:BPIP Gelar Workshop Penguatan Konten Kreator di Bandung, Dorong Narasi Pancasila di Media Sosial

 

Benny berharap, konten yang dihasilkan para kreator dapat mengubah perilaku masyarakat Indonesia, terutama di Jawa Barat, menuju perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Ia menekankan bahwa konten-konten tersebut tidak boleh bernilai negatif.

Selain itu, Mahran Marbawi yang merupakan Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat dan Administrasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI tersebut mengatakan, Pancasila merupakan hal penting yang harus ditanamkan dalam diri generasi muda dan perlu disosialisasikan melalui konten-konten kreatif di media sosial.

“Saat ini hampir seluruh kegiatan kita tak lepas dari gadget dan media sosial. Oleh karena itu dibutuhkan peran para content creator untuk mengedukasi sesama generasi muda tentang pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Diharapkan para content creator ini dapat menyisipkan nilai-nilai ideologi Pancasila dalam konten kreatif, inovatif dan mencerahkan,” ujarnya.

 

BACA JUGA:Pemerintah Provinsi Jabar Apresiasi Program BPIP Goes To School di SMA Negeri 3 Bandung

 

Motivator, Pegiat Media Sosial dan peraih Campbell Award 2024, Deris Nagara mengungkapkan, Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh merupakan salah satu bentuk nilai Pancasila yang sudah dipegang oleh orang Sunda.

“Salah satu value yang selalu saya tanamkan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu silih asah, silih asih, silih asuh. Dimana pun bumi dipijak di situ langit dijunjung, salah satu Kata silih asih silih asah silih asuh merupakan semboyannya orang Sunda atau Jawa Barat. Semboyan ini menjadi penguat bagi orang Jawa Barat dalam persatuan,” ujar Deris.

Sumber: