Didampingi Wamen ATR/Waka BPN, Jokowi Resmikan Jembatan Pulau Balang: Perjalanan Balikpapan-IKN Kini 1,5 Jam

Didampingi Wamen ATR/Waka BPN, Jokowi Resmikan Jembatan Pulau Balang: Perjalanan Balikpapan-IKN Kini 1,5 Jam

Wamen ATR/Waka BPN mendampingi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam Peresmian Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Minggu (28/07/2024).--Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

RADAR JABAR –  Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) yang jugamenjabat sebagai Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Raja Juli Antoni, mendampingi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam Peresmian Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Minggu (28/07/2024).

Dengan adanya jembatan ini, waktu perjalanan dari Kota Balikpapan ke IKN yang sebelumnya memakan waktu 2,5 jam kini menjadi hanya 1,5 jam.

“Waktu singkat ini berkat pembangunan Jembatan Pulau Balang yang menjadi terusan Tol Balikpapan-IKN. Jembatan ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi dan memasuki babak akhir untuk penyempurnaan visual. Perjalanan jadi makin mudah, nyaman, dan cepat. InsyaAllah menjadi berkah untuk semua,” ujar Raja Juli Antoni.

BACA JUGA:Kolaborasi Media Menjadi Strategi Adaptasi Perubahan Zaman

Wamen ATR/Waka BPN mendukung penuh konektivitas di Provinsi Kalimantan Timur. Dukungan ini terbukti dengan berhasilnya pengadaan tanah bagi pembangunan jalan tol tersebut.

"Dengan konektivitas, roda perekonomian akan berputar lebih cepat yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Jembatan Pulau Balang kini telah resmi beroperasi dan siap digunakan. Jembatan ini menghubungkan Jalan Tol Balikpapan-IKN yang melintasi Teluk Balikpapan. Jembatan Pulau Balang terdiri dari dua bagian, yakni jembatan bentang pendek dan jembatan bentang panjang.

Dalam jangka pendek, ruas Tol Kota Balikpapan-IKN akan digunakan sebagai jalur lintas para tamu undangan yang akan menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Pemerintah Informasikan Bahwa Revisi PP Nomor 5 Tahun 2021 Sudah Masuki Tahap Finalisasi

Turut hadir dalam peresmian Jembatan Pulau Balang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; serta sejumlah tokoh publik. (YS/JR)

 

Sumber: