Sejarah Pembangunan Piramida Giza Mesir, Patung Sphinx Awalnya Berwarna

Sejarah Pembangunan Piramida Giza Mesir, Patung Sphinx Awalnya Berwarna

Sejarah Pembangunan Piramida Giza Mesir-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR – Jika membahas Piramida Agung, salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang pertama dan satu-satunya yang masih ada hingga sekarang. Tahukah Anda bahwa Piramida Giza bukanlah satu-satunya piramida yang ada?

Bahkan, ini bukanlah piramida yang pertama. Di Mesir kuno, diyakini bahwa para raja dipilih oleh para dewa untuk melayani bumi sebagai perantara mereka di akhirat. Mereka akan menjadi dewa setelah kematian.

Kompleks piramida dibangun untuk memastikan bahwa raja memiliki semua yang diperlukan di akhirat. Kompleks ini mencakup piramida, istana, dan kuil-kuil makam. Di dalam piramida tempat raja bersemayam, terdapat banyak barang yang mungkin mereka butuhkan, seperti perabotan, makanan, dan bejana emas.

Sebenarnya, piramida pertama telah dibangun 80 tahun sebelum Piramida Giza muncul. Secara keseluruhan, ada sekitar 100 piramida, meskipun beberapa di antaranya belum selesai karena pembangunannya memakan waktu lama, dan tidak semua firaun hidup cukup lama untuk melihat akhir pembangunannya.

Sekarang, mari kita bahas konstruksi Piramida Giza yang terbesar, setinggi gedung 40 lantai. Bagaimana mereka bisa membangun struktur sebesar itu 5.000 tahun yang lalu, jauh sebelum adanya mesin dan peralatan modern?

Sejarah Pembangunan Piramida Mesir

Firaun Khufu naik tahta sekitar tahun 2575 sebelum Masehi, dan arsiteknya memulai pembangunan piramida tertua dan terbesar di Giza. Diperkirakan lebih dari 2 juta blok batu kapur harus digunakan untuk membangun piramida, masing-masing dengan berat sekitar 2,5 ton, setara dengan berat seekor badak.

BACA JUGA:5 Kehidupan Seksual Aneh Zaman Mesir Kuno, Firaun Selalu Rudapaksa Buaya Sungai Nil

Arsitek tersebut ingin menyelesaikan pembangunannya dalam waktu 20 tahun. Untuk mencapai target tersebut, sebongkah batu harus dibawa dan dipindahkan ke tempatnya setiap 4 menit, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun, kecuali tahun kabisat.

Jelas, banyak pekerja dibutuhkan untuk mewujudkannya. Banyak yang percaya bahwa yang bekerja di lokasi pembangunan piramida adalah para budak, tetapi hal tersebut tidak benar. Para pekerja datang dari seluruh penjuru Mesir untuk berkontribusi dalam proyek ini, dengan total sekitar 25 ribu orang.

Mereka melakukan berbagai jenis pekerjaan, mulai dari pekerjaan kasar dan pembuatan alat hingga pekerjaan administratif.

Semua pekerja bekerja sekitar 10 jam per hari, ditampung dan diberi makan dengan baik, serta secara keseluruhan menjalani kehidupan yang lebih nyaman dibandingkan rata-rata orang Mesir pada waktu itu.

Konon, para pembangun tinggal di kota sementara terdekat dan merupakan komunitas yang sangat terorganisir dengan pemimpin yang kuat.

Piramida-piramida tersebut tampaknya dirancang untuk sejajar dengan arah kompas, dan sisi-sisinya melambangkan sinar matahari. Namun, pada masa itu tidak ada kompas; orang Mesir kuno menemukan arah mata angin mereka sendiri dengan presisi luar biasa untuk menyelaraskan piramida.

Mereka menggunakan dua rasi bintang dan lokasi pembangunan di tepi barat Sungai Nil. Hal ini juga memiliki makna simbolis, karena matahari terbenam di barat dan kehidupan dianggap berakhir di barat.

Sumber: