Sejarah Pembangunan Piramida Giza Mesir, Patung Sphinx Awalnya Berwarna

Sejarah Pembangunan Piramida Giza Mesir, Patung Sphinx Awalnya Berwarna

Sejarah Pembangunan Piramida Giza Mesir-Ilustrasi/Unsplash-

Kembali ke konstruksi, para pekerja tentu saja membutuhkan balok-balok batu. Ada dua tempat utama untuk mendapatkan batu-batu ini. Satu sumber terletak dekat dengan lokasi pembangunan, tetapi batu kuning berlapis fosil tersebut hanya cocok untuk bagian dalam piramida.

Blok-blok batu kapur untuk bagian luar diangkut dari jarak 13 kilometer dengan menggunakan kereta luncur sepanjang 9 kaki.

Tampaknya tidak terlalu sulit untuk menariknya, karena pasir yang dicampur dengan air dalam jumlah yang tepat cukup licin, sehingga 10 orang dapat menggerakkan kereta luncur meskipun membawa batu seberat itu.

Anehnya, memotong balok batu kapur bukanlah masalah terbesar. Ketika berada di tanah, batu kapur itu lunak dan dapat dibelah dengan relatif mudah. Namun, setelah terkena udara, batu kapur mengeras, sehingga bagian tersulit adalah membentuk balok-baloknya.

Langkah ini sangat penting karena ketidakakuratan sekecil apapun dapat menyebabkan seluruh piramida runtuh. Batu-batu kapur ditambang, dibentuk, dan diangkut menggunakan kereta luncur.

Lalu, bagaimana batu-batu tersebut diletakkan di tempatnya? Ini masih menjadi misteri. Para arkeolog telah menemukan sisa-sisa sistem tanjakan dari masa ketika piramida dibangun.

Oleh karena itu, para sejarawan sependapat bahwa kemungkinan besar bangsa Mesir merancang sistem tanjakan unik untuk memindahkan dan menarik balok-balok batu yang sangat besar.

Pendapat yang paling umum adalah bahwa terdapat beberapa tanjakan landai di sekitar piramida, mungkin ada jalan di tengah dengan dua tangga di setiap sisinya yang dibangun di atas batu-batu piramida.

Tanjakan semakin tinggi seiring bertambahnya tinggi piramida, dan para pekerja mungkin berjalan menaiki tangga sambil menarik batu-batu dengan kereta luncur kayu. Namun, ini hanyalah salah satu pilihan.

Para ahli lain mengatakan bahwa jalur tanjakan ada di sekitar piramida, dan ada juga yang mengatakan bahwa tanjakan berada di dalam piramida. Mungkin kita tidak akan pernah tahu pasti, dan hal ini akan selamanya menjadi misteri.

Batu kapur pada eksterior piramida dipoles dengan pasir dan batu hingga berkilau. Di puncaknya terdapat batu besar berwarna emas dan perak yang berkilauan di atas Mesir seperti matahari kedua. Begitulah keadaannya 5.000 tahun yang lalu.

Sekarang mengenai interiornya, anehnya tidak banyak yang ada di dalam piramida. Sebagian besar hanya berupa batu padat dengan ruang terbuka yang sangat sedikit. Namun, dari pintu masuk terdapat dua tangga: satu menuju ke bawah dan satu lagi ke atas, keduanya mengarah ke kamar-kamar.

Di dalam piramida terdapat tiga kamar. Ruang makam harus disiapkan setiap saat sepanjang pembangunan sebagai langkah berjaga-jaga jika Firaun meninggal sebelum pembangunan selesai.

Oleh karena itu, ruang-ruang terpisah dibangun satu demi satu, dengan yang terakhir adalah kamar utama, yaitu kamar raja tempat Khufu bersemayam.

BACA JUGA:Eksplorasi Sejarah dan Kebudayaan Kaya di Mesir: 10 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Sumber: