Lagi Ngerasain Sembelit? Simak Ini 7 Penyebab Sembelit dan Cara Mengatasinya

Lagi Ngerasain Sembelit? Simak Ini 7 Penyebab Sembelit dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Sembelit atau konstipasi adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan buang air besar atau frekuensi buang air besar yang lebih jarang dari biasanya.

Sembelit dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan, dalam beberapa kasus, dapat mengarah pada masalah kesehatan yang lebih serius jika tidak ditangani dengan baik.

Untuk memahami dan mengatasi sembelit, penting untuk mengetahui penyebabnya dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasinya.

 

Berikut ini penyebab dan cara mengatasi sembelit:

 

Penyebab Sembelit

1. Kekurangan Serat dalam Diet

Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar pergerakan usus dengan menambah massa pada tinja dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Kekurangan serat dalam diet, yang sering terjadi pada orang yang mengonsumsi banyak makanan olahan dan sedikit sayuran atau buah-buahan, dapat menyebabkan sembelit.

2. Kekurangan Cairan

Cairan, terutama air, sangat penting untuk membantu proses pencernaan. Kurangnya asupan cairan dapat membuat tinja menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Minum cukup air setiap hari sangat penting untuk mencegah sembelit.

3. Kurangnya Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik dapat merangsang aktivitas usus. Orang yang kurang bergerak atau duduk dalam waktu lama, seperti pekerja kantoran atau orang yang menjalani gaya hidup sedentari, lebih rentan mengalami sembelit.

4. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan sembelit sebagai efek samping. Obat-obatan tersebut termasuk analgesik opioid, antidepresan, antasida yang mengandung kalsium atau aluminium, dan beberapa obat untuk hipertensi.

5. Gangguan Medis

Sumber: