10 Pilihan Jus Buah untuk Melancarkan Pencernaan dan Mengatasi Sembelit

10 Pilihan Jus Buah untuk Melancarkan Pencernaan dan Mengatasi Sembelit

Jus Buah untuk Melancarkan Pencernaan-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Sembelit adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi siapa saja. Salah satu cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi jus buah yang kaya akan serat dan enzim pencernaan.

Berikut adalah sepuluh pilihan jus buah yang efektif untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. 

Pilihan Jus Buah untuk Melancarkan Pencernaan

1. Jus Pepaya

Jus pepaya telah lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit. Buah pepaya kaya akan serat dan enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan. Enzim ini efektif dalam memecah protein dan memfasilitasi proses pencernaan.

2. Jus Apel

Jus apel memiliki efek pencahar yang lembut. Kandungan serat makanan serta sorbitol yang tinggi dalam apel membantu memfasilitasi pergerakan usus, sehingga membantu melancarkan pencernaan.

3. Jus Mangga

Jus mangga mengandung enzim amilase yang membantu memecah makanan sehingga nutrisi dalam makanan mudah diserap oleh usus. Enzim ini penting untuk memproses karbohidrat dengan lebih efisien.

 

BACA JUGA:10 Jus yang Efektif Mengatasi Sembelit dan Baik untuk Kesehatan Tubuh!

 

4. Jus Kiwi

Jus kiwi kaya akan serat dan mengandung enzim actinidin yang membantu merangsang pergerakan usus. Enzim ini membantu dalam mencerna makanan dengan lebih optimal, sehingga memperlancar proses pencernaan.

5. Jus Wortel

Jus wortel tidak hanya kaya akan serat tetapi juga membantu melancarkan proses pencernaan. Serat dalam wortel membuat tinja menjadi lebih padat dan lunak, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

6. Jus Buah Naga

Jus buah naga tinggi akan serat dan prebiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Kedua nutrisi ini diketahui dapat memperlancar proses buang air besar dan mencegah sembelit.

7. Jus Semangka

Semangka kaya akan air yang membantu membersihkan saluran pencernaan dan mengatur pergerakan usus. Kandungan airnya yang tinggi juga membantu meningkatkan konsistensi feses dan mencegah sembelit.

 

BACA JUGA:7 Jenis Sayur dan Buah yang Ampuh Mengatasi Sembelit Saat Puasa Ramadan

 

Sumber: berbagai sumber