Resep Tempe Lada Hitam yang Lezat dan Hemat Ala Chef Devina, Cocok untuk Tanggal Tua!

Resep Tempe Lada Hitam yang Lezat dan Hemat Ala Chef Devina, Cocok untuk Tanggal Tua!

Resep Tempe Lada Hitam yang Lezat dan Hemat Ala Chef Devina--(Sumber Gambar : Tangkapan Layar YouTube @Devina Hermawan)

RADAR JABAR - Biasanya bumbu lada hitam identik dengan daging sapi, namun kali ini tempe menjadi bahan utama yang digunakan, tentu akan lebih hemat dan juga murah, nah menu yang satu ini sangat cocok dimasak di tanggal tua loh. 

Kita akan membuat hidangan yang lezat dan hemat dan tentu lezat yaitu tempe lada Hitam ala Devina Hermawan. Hidangan ini terinspirasi dari Daging Sapi Lada Hitam yang sering kita temui dalam masakan Cina, namun kali ini, kita akan menggunakan tempe sebagai pengganti daging sapi.

Tempe ini lebih hemat dan cocok bagi mereka yang tidak makan daging, tapi tetap ingin menikmati hidangan yang enak dan beraroma.

Resep Tempe Lada Hitam Ala Chef Devina 

Bahan-Bahan

Untuk bahan utamanya, kita akan menggunakan tempe. Kalian juga bisa menggantinya dengan jamur atau tahu keras.

Untuk melapisi tempe, kita membutuhkan bawang putih, telur, air, dan tepung maizena. Sedangkan untuk Saus Lada Hitam, kita menggunakan lada hitam yang digiling kasar, bawang putih, bawang merah, kecap, kecap inggris, kecap asin, minyak wijen, Saus Tiram Royco, margarin, dan air. Jangan lupa gula pasir dan MSG atau bubuk jamur untuk menambah cita rasa.

Sebagai tambahan, kita membutuhkan bawang bombay dan, biasanya, paprika. Namun, kali ini, untuk lebih hemat, kita pakai cabai merah dan hijau saja.

Proses Memasak

Mempersiapkan Saus Lada Hitam

Panaskan sedikit minyak di wajan. Tambahkan irisan bawang merah dan cincang kasar bawang putih. Tumis hingga harum.

Tambahkan margarin dan lada hitam yang digiling kasar. Masak sebentar hingga harum.

Tambahkan air, kecap, kecap inggris, kecap asin, minyak wijen, Saus Tiram Royco, gula pasir, dan bubuk jamur atau MSG. Masak hingga kuahnya agak mengental.

Simpan saus ini di lemari es jika tidak langsung digunakan.

 

Sumber: youtube devina hermawan