Anemia: Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Anemia: Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi--Sumber gambar: freepik.com

4. Sesak Napas

Anemia mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengangkut oksigen. Akibatnya, penderita anemia sering mengalami sesak napas, terutama saat beraktivitas fisik atau bahkan saat beristirahat.

5. Detak Jantung Cepat atau Tidak Teratur

Jantung bekerja lebih keras untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh ketika jumlah sel darah merah atau hemoglobin rendah. Ini dapat menyebabkan detak jantung menjadi cepat atau tidak teratur, yang dikenal dengan istilah takikardia.

6. Nyeri Dada

Dalam beberapa kasus, anemia dapat menyebabkan nyeri dada karena jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Nyeri dada ini seringkali terasa seperti tekanan atau sesak.

7. Suhu Tubuh yang Rendah

Orang yang mengidap anemia sering merasa kedinginan, meskipun suhu ruangan normal. Hal ini karena darah tidak mengalir dengan efisien, sehingga tubuh sulit mempertahankan suhu tubuh yang normal.

8. Kuku Rapuh dan Rambut Rontok

Kuku yang rapuh dan mudah patah serta rambut yang rontok bisa menjadi indikator adanya anemia. Kekurangan zat besi, vitamin B12, atau asam folat, yang sering terjadi pada penderita anemia, dapat memengaruhi kesehatan kuku dan rambut.

 

BACA JUGA: Inilah Mitos dan Fakta Serta Dampak Mandi Pada Malam Hari Bagi Kesehatan, Simak Lengkapnya!

 

Penyebab Anemia

Anemia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya:

1. Kekurangan Zat Besi

Sumber: