Anemia: Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Anemia: Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Anemia adalah kondisi medis yang umum terjadi, tetapi sering kali tidak disadari oleh penderitanya.

Anemia ditandai dengan kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh. hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang bertugas mengikat oksigen dan mengangkutnya ke seluruh tubuh.

Kekurangan hemoglobin menyebabkan oksigen tidak dapat didistribusikan dengan baik, yang pada akhirnya menyebabkan berbagai gejala dan komplikasi kesehatan.

 

Berikut adalah Ciri-Ciri Utama Orang Mengidap Anemia:

 

1. Kelelahan yang Berlebihan

Salah satu gejala paling umum dari anemia adalah kelelahan yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh. Penderita anemia sering merasa lelah meski telah cukup istirahat atau tidur malam yang cukup.

2. Kulit Pucat dan Mudah Memar

Kurangnya jumlah sel darah merah dan hemoglobin membuat kulit terlihat pucat. Kondisi ini terutama terlihat pada area seperti wajah, telapak tangan, dan bagian dalam kelopak mata. Selain itu, kulit yang mudah memar juga bisa menjadi tanda bahwa darah tidak cukup mengalir dengan lancar.

3. Pusing dan Kepala Sering Berputar

Kurangnya oksigen yang didistribusikan ke otak dapat menyebabkan pusing dan kepala sering berputar. Penderita anemia mungkin merasa pusing saat berdiri atau duduk dalam posisi yang berubah-ubah.

 

BACA JUGA: Inilah Dampak Buruk Pada Lambung Jika Terlalu Banyak Makan Makanan Pedas

 

Sumber: