10 Kota Terdingin di Indonesia Pada 2024, Cocok untuk Penyuka Iklim Sejuk

10 Kota Terdingin di Indonesia Pada 2024, Cocok untuk Penyuka Iklim Sejuk

10 Kota Terdingin di Indonesia Pada 2024-Ilustrasi/Pixabay-

Terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ciwidey juga merupakan daerah dengan suhu terendah di wilayah Jawa Barat. Ciwidey terkenal dengan Kawah Putih, yang menjadi salah satu kawasan wisata utama di sana.

BACA JUGA:10 Kota Terindah di Dunia Ini Bisa Jadi Tempat untuk Berlibur Loh! Mana Favoritmu?

Desa ini berada di ketinggian 1200 sampai 1700 meter di atas permukaan laut. Ciwidey dikenal dengan suhunya yang dingin sepanjang hari, dengan rata-rata suhu mencapai 13 derajat Celcius. Bagi yang pernah berkunjung, mereka pasti tahu betapa dinginnya tempat ini.

6. Ruteng - Nusa Tenggara Timur (NTT)

Ruteng, yang terletak di pulau Nusa Tenggara Timur, kini masuk dalam daftar kota terdingin di Indonesia. Selain dikenal dengan suhu dinginnya, Ruteng sering disebut sebagai "praha-nya Indonesia" karena desain bangunan modern dan pemandangannya yang indah.

Kota ini berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dan pernah mencatat suhu terendah hingga 10 derajat Celcius, mendekati suhu terendah di beberapa kota di wilayah Papua. Meskipun suhu rata-rata harian di Ruteng sekitar 25 derajat Celcius, namun kadang-kadang bisa sangat rendah.

7. Mamasa - Sulawesi Barat

Mamasa, di Provinsi Sulawesi Barat, merupakan tempat dengan suhu terdingin di pulau Sulawesi. Kota ini berada di ketinggian lebih dari 1900 meter di atas permukaan laut, hampir setara dengan beberapa gunung di Pulau Jawa.

Suhu tertinggi di Mamasa mencapai 26 derajat Celcius, sedangkan suhu terendah yang pernah tercatat adalah 16 derajat Celcius. Suhu harian rata-rata di kota ini sekitar 23 derajat Celcius.

8. Waghete - Papua Barat

Terletak di barat Pulau Papua, Waghete adalah kota yang berada di Kabupaten Deya, tepatnya di pinggiran Danau Tigi. Selain dingin di malam hari, tempat ini juga memiliki suhu yang rendah di siang hari.

BACA JUGA:10 Kota Ternyaman di Indonesia untuk Ditinggali Jangka Panjang

Kota ini terletak di dataran tinggi sekitar 1700 meter di atas permukaan laut, dengan suhu terendah di siang hari mencapai 15 derajat Celcius dan turun hingga 10 derajat Celcius di malam hari.

9. Dieng - Jawa Tengah

Dieng adalah kawasan di perbatasan antara Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Berada di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut, menjadikan Dieng sangat dingin.

Suhu di sana berkisar antara 12 sampai 20 derajat Celcius di siang hari, dan turun menjadi 6 sampai 10 derajat Celcius pada malam hari. Pada musim kemarau, suhu Dieng bahkan dapat turun hingga 0 derajat Celcius.

10. Mulia - Papua

Kota Mulia, yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, menduduki peringkat pertama sebagai kota terdingin di Indonesia. Kota ini berada di ketinggian 24.448 meter di atas permukaan laut, dekat dengan Gunung Jayawijaya.

Wilayah ini merupakan pemukiman penduduk tertinggi di Indonesia. Pada malam hari, suhu di Kota Mulia bisa mencapai 9 derajat Celcius, dan beberapa kali suhu bahkan turun hingga titik beku.

Faktor lokasi yang dekat dengan Gunung Jayawijaya serta curah hujan yang tinggi sepanjang tahun menjadikan wilayah ini sangat dingin.

Sumber: