10 Kota Terdingin di Indonesia Pada 2024, Cocok untuk Penyuka Iklim Sejuk

10 Kota Terdingin di Indonesia Pada 2024, Cocok untuk Penyuka Iklim Sejuk

10 Kota Terdingin di Indonesia Pada 2024-Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan beriklim tropis. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang 10 kota terdingin di Indonesia.

Kota-kota ini memiliki udara yang menyejukkan dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia yang cenderung hangat sepanjang tahun, mengingat Indonesia sebagai negara tropis dengan suhu rata-rata berkisar antara 25 hingga 30 derajat Celcius.

Kota-kota terdingin ini terletak di dataran tinggi, yang membuat mereka memiliki suhu udara yang rendah terutama pada malam hari. Bahkan, salah satu di antaranya mengalami turun salju, mirip dengan keadaan di luar negeri.

Faktor-faktor seperti topografi dan lokasi geografis juga berkontribusi pada suhu udara yang lebih rendah di kota-kota ini dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Hal ini menjadikan tempat-tempat ini sebagai destinasi liburan populer karena udaranya yang dingin.

10 Kota Terdingin di Indonesia

Berikut adalah beberapa kota terdingin di Indonesia yang cocok bagi kamu yang ingin tinggal di kota berudara sejuk.

1. Gayo Lues - Aceh

Kota ini terletak di provinsi Aceh, tepatnya di Kabupaten Gayo Lues. Masuk ke dalam jajaran kota dengan suhu terdingin di Indonesia, Gayo Lues terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA:10 Kota Termiskin di Indonesia Pada 2024 Menurut Data BPS

Suhu terendah yang pernah tercatat mencapai 24 derajat Celcius. Kabupaten ini terkenal karena menjadi wilayah jalur pendakian Gunung Leuser dan juga sebagai penghasil kopi Gayo yang terkenal serta komoditas potensial lainnya.

2. Batu Raden - Jawa Tengah

Batu Raden merupakan wilayah di Purwokerto, Jawa Tengah, yang memiliki suhu terendah ke-9 di Indonesia.

Letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 980 meter di atas permukaan laut menjadikannya memiliki suhu terendah mencapai 14 sampai 19 derajat Celcius. Meskipun udaranya dingin, Batu Raden tetap menjadi tempat wisata favorit masyarakat.

3. Berastagi - Sumatera Utara

Berada di peringkat kedelapan, Berastagi merupakan kota di Sumatera Utara yang dikenal dengan suhu udara dinginnya. Kota ini terletak di antara dua gunung api aktif, yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Ketinggiannya mencapai 1300 meter di atas permukaan laut, dengan suhu terendah yang pernah tercatat mencapai 15 derajat Celcius. Meskipun sekitarnya memiliki suhu rata-rata sekitar 24 derajat Celcius, Berastagi tetap masuk ke dalam daftar kota paling dingin di Indonesia.

4. Batu - Jawa Timur

Kota Batu, yang terletak di Jawa Timur, adalah salah satu tempat dengan suhu terendah di Pulau Jawa. Kota ini berada di ketinggian antara 700 hingga 1700 meter di atas permukaan laut. Suhu terendah yang pernah tercatat mencapai 13 derajat Celcius.

Batu sangat populer sebagai tempat wisata, bahkan sejak zaman Hindia Belanda. Pada masa itu, kota ini dikenal sebagai "de Kleine Switzerland" atau Swiss kecil.

5. Ciwidey - Jawa Barat

Sumber: