Review Spesifikasi Lenovo Legion 5i: Laptop Gaming Terbaru Cocok untuk Editor

Review Spesifikasi Lenovo Legion 5i: Laptop Gaming Terbaru Cocok untuk Editor

Review Spesifikasi Lenovo Legion 5i-RJ-

Kemudian, menggunakan CapCut, rendering video 4K vlog + LUT selama 5 menit 13 detik selesai dalam 6 menit 7 detik. Di Davinci Resolve, proyek 4K vlog + LUT selama 5 menit 13 detik selesai dalam 22 menit 22 detik. Cukup lama, bukan?

Untuk sistem pendinginan, saat dibuka, prosesor laptop ini memiliki heatpipe yang mengarah ke dua kipas pendingin di sisi kiri dan kanan. Heatpipe-nya cukup besar. Saat bermain game, bagian dekat tombol 6 dan F7 menjadi yang paling panas, dengan suhu mencapai 52 derajat Celsius.

Untungnya, ini tidak mengganggu pengalaman bermain karena tombol WASD yang paling sering digunakan berada di tempat yang tidak terlalu panas.

Fitur Tambahan

Lenovo Legion 5i 15IAX9I memiliki sertifikasi militer MIL-STD-810H yang membuatnya tahan terhadap jatuh dan kelembapan.

Terdapat dua speaker di bagian bawah kiri dan kanan yang menghasilkan suara yang cukup bagus dengan clarity yang baik dan bass yang terasa. Namun, saya merasa kekuatannya agak kurang, terasa kurang kuat meskipun volume sudah diatur maksimal.

BACA JUGA:5 Laptop Lenovo Touchscreen Terbaik di Tahun 2024

Namun, hal ini tidak menjadi masalah bagiku karena pada akhirnya, saya lebih suka menggunakan headphone daripada speaker di laptop ini. Keyboard laptop ini berukuran fullsize dengan tombol numpad. Sensasi mengetik menggunakan keyboard ini cukup nyaman; terasa halus namun tetap responsif.

Jarak perjalanan tombolnya juga pas, tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah. Menurutku, keyboard di laptop ini sangat nyaman. Hanya butuh sedikit penyesuaian karena posisi keyboard fullsize berbeda dengan keyboard tenkeyless yang biasa ku gunakan setiap hari.

Keyboard ini dilengkapi dengan LED backlit RGB yang dapat diatur melalui Lenovo Vantage atau dengan shortcut Fn + Spacebar. Trackpad-nya juga cukup nyaman menurutku, meskipun ukurannya agak kecil. Area yang kurang besar ini membuat pergerakan kursor terasa terbatas.

Namun, bagiku ini bukan masalah karena aku lebih suka menggunakan mouse untuk mengoperasikan kursor daripada trackpad ini. Trackpad ini cukup akurat dan presisi, namun tombol klik di trackpad ini terasa agak dalam, sehingga kadang agak sulit saat ingin melakukan drag & drop file.

Terakhir, mengenai baterai, laptop ini dilengkapi dengan baterai 60Wh. Dalam penggunaan intensif termasuk bermain game sedikit-sedikit, laptop ini mampu bertahan sekitar 3 jam lebih. Charger dengan output maksimal 170W juga sudah termasuk dalam paket penjualannya. Charger ini mendukung protokol Super Rapid Charge Pro yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga penuh dalam sekitar 60 menit. Cukup cepat, bukan?

Kesimpulan

Oke, sekarang kita masuk ke kesimpulan. Lenovo Legion 5i 15IAX9I merupakan solusi bagus bagi mereka yang mencari laptop gaming dengan harga yang terjangkau. Intel Core i5 yang dipadukan dengan Intel ARC A530M ternyata memberikan performa yang memuaskan.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaru Pilihan Terbaik 2024, Harga Mulai 4 Jutaan

Beberapa game berat pun dapat dijalankan dengan lancar di laptop ini. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan.

Pertama, speaker laptop ini kurang keras menurut pendapat saya. Kedua, RAM 8GB di laptop ini terasa terbatas karena beberapa kali aplikasi harus ditutup karena kekurangan memori. Untungnya, Lenovo menyediakan dua slot memori yang memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade RAM hingga 16GB atau lebih.

Sumber: