Review Spesifikasi Lenovo Legion 5i: Laptop Gaming Terbaru Cocok untuk Editor

Review Spesifikasi Lenovo Legion 5i: Laptop Gaming Terbaru Cocok untuk Editor

Review Spesifikasi Lenovo Legion 5i-RJ-

RADAR JABAR – kali ini kami akan membahas review Lenovo Legion 5i 15IAX9I, laptop gaming entry level dari Lenovo. Masuk ke kelas entry level karena harga Lenovo Legion 5i gaming ini terjangkau, yakni Rp 11.999.000. Dengan harga tersebut, kamu bisa mendapatkan sebuah laptop gaming dengan desain yang menarik.

Sebenarnya saya agak kesulitan mengingat nama laptop ini karena perbedaannya dengan varian lain adalah kode yang sulit diingat. Ini adalah kali pertama saya mencoba laptop gaming dari lineup Lenovo ini.

Ketika pertama kali melihatnya, saya tidak berpikir bahwa ini adalah laptop gaming karena bentuknya kotak seperti laptop pada umumnya. Namun, setelah dibuka, ukurannya lebih besar dan lebih tebal dari kebanyakan laptop.

Saat kami menyalakan layarnya, baru saya sadari bahwa ini adalah laptop gaming. Laptop ini berwarna lunar grey atau abu-abu gelap. Beratnya sekitar 2,3 sampai 2,4 kg. Salah satu hal yang membuat laptop ini terlihat menarik adalah penempatan port-port yang bergeser ke belakang, seperti pada kebanyakan laptop gaming.

BACA JUGA:Spesifikasi Lenovo Tab P12 Pro yang Layak Dibeli Tahun Ini!

Namun, di sisi kanan tetap ada beberapa port seperti USB Type-A, jack audio combo, E-Shutter untuk mematikan webcam, dan port USB type C. Di bagian belakang, terdapat 2 port USB Type-A tambahan, port LAN RJ45, port HDMI 2.1, dan port power.

Di bagian belakang juga terdapat 2 lubang ventilasi udara yang menyerupai knalpot mobil sport. Lubang ventilasi ini memang didesain ke belakang, bukan di samping atau di bawah.

Review Spesifikasi Lenovo Legion 5i

Berikut adalah review Lenovo Legion 5i 15IAX9I sebagai laptop gaming terbaru yang bisa kamu pertimbangkan saat ini.

Desain

Untuk desain bagian luarnya, Lenovo Legion 5i 15IAX9I sebenarnya cukup sederhana. Tidak ada lampu RGB, hanya logo Lenovo dan logo LOQ yang besar, dengan aksen chrome dan embos. Body laptop ini terbuat dari plastik yang menurut saya cukup bagus karena mampu meredam panas dengan baik.

Saat dibuka, terdapat layar 15,6 inci beresolusi Full HD dengan refresh rate 144Hz dan tingkat kecerahan 300 nits, cukup terang untuk penggunaan dalam ruangan. Layar ini juga memiliki sertifikasi TUV low blue light dengan 100% sRGB.

Layar

Kualitas layar Lenovo Legion 5i 15IAX9I lumayan bagus dengan ketajaman yang baik dan reproduksi warna yang nyaman. Namun, sayangnya layar ini tidak mendukung HDR, sehingga tidak dapat digunakan untuk menonton konten HDR di Netflix atau YouTube.

Sudut pandang layarnya juga cukup baik tanpa terjadi color shifting saat dilihat dari samping. Finishing layarnya anti glare, sehingga tidak memantulkan cahaya.

Di bagian atas layar, terdapat kamera atau webcam beresolusi 720p. Webcam ini dapat dimatikan melalui e-shutter yang terletak di sisi kanan laptop, untuk menghindari kemungkinan hack atau penyadapan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tonjolan kamera ini juga berfungsi sebagai pegangan saat membuka laptop, yang memungkinkan laptop dibuka hanya dengan satu tangan karena hinge-nya tidak terlalu berat.

Performa Dapur Pacu

Sumber: