Pilkada Kabupaten Bandung 2024, Demokrat Usulkan 3 Nama Cawabup di Koalisi Bedas, Siapa Saja?

Pilkada Kabupaten Bandung 2024, Demokrat Usulkan 3 Nama Cawabup di Koalisi Bedas, Siapa Saja?

Pilkada Kabupaten Bandung 2024--Istimewa

RADAR JABAR - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Kabupaten Bandung mengusulkan sejumlah nama untuk bakal calon wakil Bupati Bandung (bacawabup) tahun 2024.

Ketiga nama yang diusulkan ini, untuk jadi bacawabup dari Bupati Bandung incumbent Dadang Supriatna di Pilkada Kabupaten Bandung 27 November 2024.

Mereka diantaranya, Ketua DPC Demokrat Saeful Bachri, anggota DPRD terpilih Kabupaten Bandung Fraksi Demokrat Asep Ikhsan dan kader Demokrat Asep Dadi.

“Ketiga nama yang diusulkan menjadi cawabup itu berdasarkan hasil penjaringan DPC Demokrat Kabupaten Bandung tanggal 2 hingga 10 Mei 2024,” kata Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bandung Saeful Bachri dalam keterangannya di Soreang, Kamis 6 Juni 2024.

Kendati begitu, ketiga nama yang diusulkan tersebut harus diputuskan bersama di forum koalisi berdasarkan beberapa kriteria. Salahsatunya menyangkut chemistry dengan calon bupati.

“Tentu chemistry dengan calon bupati sangat penting dalam menentukan cawabup. Jangan sampai gara-gara tidak ada chemistry nantinya hubungan antara bupati dan wakil bupati akhirnya renggang di tengah jalan. Apalagi periode kedua sekarang kan full lima tahun, tidak lagi 3,5 tahun,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata ia, masing-masing partai politik (parpol) koalisi jangan memaksakan cawabupnya masing-masing, tanpa adanya chemistry dengan cabup.

Saeful menuturkan, untuk calon Bupati Bandung, Demokrat telah memberikan surat tugas secara resmi kepada Bupati Bandung incumbent Dadang Supriatna untuk mendapatkan parpol koalisi dan mencari cawabup.

Rencananya, lanjut Saeful, pembahasan mekanisme penentuan cawabup, pembentukan timses dan sekretariat bersama, akan dilakukan bersama parpol koalisi pada pekan depan.

Dijelaskan Saeful, Demokrat kembali bergabung ke Koalisi Bedas yang didalamnya ada juga Nasdem dan Gerindra, selain PKB sendiri. 

Meski sudah ada empat partai yang sudah berkoalisi, pihaknya pun masih terbuka untuk menerima parpol lain untuk ikut bergabung.

“Saya sendiri mengajak kepada parpol yang belum bergabung, ayo segera bergabung dengan koalisi kami,” imbuh anggota DPRD Jawa Barat terpilih ini.

Hal ini, paparnya, juga dalam rangka mempercepat proses Pilkada Kabupaten Bandung agar tidak banyak kendala serta berjalan baik dan lancar, tanpa membuang waktu lama.

Ditanya terkait kehadiran Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ke Kabupaten Bandung, ia menyebut kunjungan yang dilakukan pak SBY ini, merupakan yang kedua kalinya.

Sumber: