Hilang Kabar 6 Tahun dan Diduga Meninggal di Malaysia, TKW Asal Bandung Ini Berhasil Kembali Pulang

Hilang Kabar 6 Tahun dan Diduga Meninggal di Malaysia, TKW Asal Bandung Ini Berhasil Kembali Pulang

TKW Asal Bandung Ini Berhasil Kembali Pulang Setelah hilang kabar 6 tahun-Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR - Seorang tenaga kerja wanita (TKW) bernama Titta Fajarwitaningsih (55), asal Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung dikabarkan menghilang selama 6 tahun.

Melalui informasi yang berhasil dihimpun Jabar Ekspres, Titta yang bekerja di Malaysia dikabarkan hilang sejak 6 tahun ke belakang, karena sudah tak ada kontak komunikasi hingga pihak keluarga menduga bahwa yang bersangkutan telah meninggal dunia.

Akan tetapi, keajaiban nampaknya menaungi Titta, sebab dirinya kembali terlacak keberadaannya dan berhasil pulang ke Tanah Air bertemu keluarga.

Pegiat Asosiasi Purna Pekerja Migran Indonesia (APPMI) Jabar, Paryanto mengatakan, pihak Disnakertrans Jawa Barat dan pihak lainnya yang berhasil melacak keberadaan Titta, sekaligus memulangkan TKW tersebut ke Tanah Air.

BACA JUGA:TKW Asal Bandung Meninggal di Saudi Arabia, Keluarga Harapkan Bantuan Pemerintah

"Titta saat ini sudah kembali ke tanah air dan berkumpul dengan keluarga di Cipadung," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (6/6). 

Paryanto menjelaskan, kepulangan Titta dinilai cukup dramatis, sebab setelah 6 tahun hilang bahkan diduga meninggal, namun dapat kembali pulang, yang difasilitasi penjemputannya pada Rabu, 5 Juni 2024.

"Kemarin sore kami jemput Titta di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan tadi malam sudah sampai ke rumahnya dan berkumpul dengan keluarga di Cigagak Cipadung," jelasnya.

Paryanto belum bisa menceritakan kronologis detail terkait pelacakan keberadaan Titta hingga bisa dipulangkan ke Indonesia dari Malaysia. 

BACA JUGA:Gegara Bawang, TKW Asal Cianjur Disiram Bubur Sepanci

"Yang pasti, ini atas kerja bareng APPMI Jabar, Disnaker Jabar dan pihak lain," bebernya.

Paryanto menerangkan, dari laporan pihak keluarga, Titta sulit dihubungi sejak 2018 lalu, hingga sampai pada dugaan telah meninggal dunia.

Ketika ditanya apakah ke berangkatan Titta ke Malaysia mandiri atau melalui agen penyalur TKW. 

"Dugaan sementara Titta berangkat jadi TKW secara mendiri mencari agen. Titta berkelana dari Tanjung Pinang, Batam hingga Johor Baru," terangnya.

Sumber: