Dua TKW Asal Cileunyi Terlantar di Luar Negeri, Bupati Bandung Turun Tangan

Dua TKW Asal Cileunyi Terlantar di Luar Negeri, Bupati Bandung Turun Tangan

Bupati Bandung, Dadang Supriatna saat ditemui Jabar Ekspres.--(Sumber Gambar: Pandu MuslimJabar Ekspres)

RADAR JABAR- Lilis Ule (44) dan juga Rosita (35) dua TKW asal Cileunyi, Kabupaten Bandung yang terlantar di luar negeri menjadi perhatian khusus bupati bandung, Dadang Supriatna dan upaya pemulangan mereka ke Tanah Air menjadi upaya serius yang dilakukan pemerintah setempat. 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Bandung saat dikonfirmasi di acara Festival Seni Budaya yang diselenggarakan di lapangan Abah Soeta, Kampung Cikoneng, Desa Cibiruwetan, Kecamatan Cileunyi. "Persoalan kedua TKW asal Cileunyi sekarang masih menunggu laporan lengkap dari dinas terkait," kata Bupati yang akrab disapa Kang DS pada Rabu (12/5).

Kang DS menegaskan bahwa perhatian dan bantuan tidak hanya diberikan kepada TKW asal Cileunyi, namun juga kepada seluruh warga Kabupaten Bandung yang bekerja di luar negeri dan memerlukan bantuan untuk kepulangan mereka. "Kalau ada TKW yang terlantar tinggal koordinasi dengan dinas terkait, nanti saya komunikasi dengan kepalanya (Kadis)," tegasnya.

 

BACA JUGA:Selama Jadi Bupati Bandung, Kang DS Bakal Melanjutkan Program Insentif Guru Ngaji

 

Informasi yang berhasil dihimpun Jabar Ekspres mengungkapkan bahwa laporan terkait keterlantaran dua TKW ini sudah disampaikan ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) dan Penyuluh Tenaga Kerja (PTK) Kabupaten Bandung. Selain itu, pihak Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cileunyi juga telah mengunjungi Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Jabar.

Kondisi Lilis Ule, warga Kampung Sindangwargi RT02 RW18, Desa Cileunyiwetan, yang sudah lebih dari setahun terlantar di Dubai, Uni Emirat Arab, serta Rosita, warga Kampung Cikoneng 3 RT02 RW03, Desa Cibiruwetan, yang sudah 18 bulan terlantar di Duhok, Irak, cukup memprihatinkan. Keduanya sangat ingin segera pulang ke Tanah Air.

 

BACA JUGA:Jelang Pilkada 2024: Kang DS Bertemu Artis Ramzi, Sebut Cuma Silaturahmi dan Ngobrol Biasa

 

"Saya minta datanya yang lengkap, sehingga nanti saya bisa bantu untuk pemulangan ke Kabupaten Bandung," ujar Kang DS.

Sementara itu, Camat Cileunyi, Cucu Endang, mengungkapkan harapannya agar warganya yang terlantar di luar negeri dapat segera kembali. "Bersama Tenaga Kerja Sosial Kemasyarakatan (TKSK) Cileunyi, kami sudah laporkan lengkap ke Disnaker dan PTK Kabupaten Bandung," jelasnya.

Sumber: Jabar Ekspres