10 Barang Seserahan yang Wajib Ada Saat Pernikahan

10 Barang Seserahan yang Wajib Ada Saat Pernikahan

ilustrasi seserahan--istimewa

Radar Jabar - Seserahan merupakan salah satu bagian penting dalam adat pernikahan di Indonesia. Selain sebagai simbol penghormatan kepada calon mempelai wanita dan keluarganya, Seserahan juga melambangkan kesiapan mempelai pria dalam menafkahi keluarga barunya. Berikut ini adalah 10 barang Seserahan yang wajib ada saat pernikahan:

1. Perhiasan

Perhiasan seperti cincin, gelang, kalung, dan anting merupakan barang seserahan yang hampir selalu ada. Perhiasan ini melambangkan kemakmuran dan harapan akan kehidupan yang sejahtera bagi pasangan pengantin. Biasanya, perhiasan dipilih berdasarkan selera dan keinginan calon mempelai wanita.

2. Alat Sholat

Alat sholat seperti mukena, sajadah, tasbih, dan Al-Qur'an juga sering menjadi bagian dari seserahan. Ini menunjukkan bahwa pernikahan tersebut diharapkan mendapat berkah dan ridho dari Allah SWT. Selain itu, alat sholat juga mengingatkan pasangan untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan.

BACA JUGA: 7 Peralatan Rumah yang Harus Dibeli Sebelum Menikah

3. Pakaian

Pakaian baru untuk calon mempelai wanita adalah simbol bahwa mempelai pria siap memenuhi kebutuhan sandang istri tercintanya. Biasanya, pakaian yang diberikan adalah kebaya atau baju tradisional lain sesuai dengan adat yang dianut. Namun, tak jarang juga diberikan pakaian modern seperti dress atau pakaian sehari-hari.

4. Sepatu dan Tas

Sepatu dan tas merupakan simbol kesiapan mempelai pria dalam memenuhi kebutuhan penampilan calon istri. Pilihan sepatu dan tas biasanya disesuaikan dengan selera dan kebutuhan calon mempelai wanita. Sepatu dan tas ini juga sering kali dipilih yang berkualitas untuk menunjukkan keseriusan dan komitmen mempelai pria.

5. Kosmetik dan Perawatan Tubuh

Kosmetik dan produk perawatan tubuh seperti skincare, parfum, body lotion, dan lainnya menjadi salah satu barang seserahan yang cukup penting. Ini melambangkan perhatian mempelai pria terhadap kecantikan dan kesehatan calon istrinya. Paket kosmetik biasanya disusun dalam kotak yang cantik dan menarik.

6. Makanan Tradisional

Makanan tradisional seperti kue-kue atau makanan khas daerah juga sering menjadi bagian dari seserahan. Makanan ini selain sebagai simbol keberkahan, juga menunjukkan kekayaan budaya yang tetap dijunjung tinggi oleh keluarga mempelai. Makanan tradisional yang dipilih biasanya adalah yang memiliki makna khusus atau favorit keluarga.

7. Buah-buahan

Buah-buahan segar sering kali diikutsertakan dalam seserahan sebagai lambang kesuburan dan kehidupan yang sehat. Buah yang dipilih biasanya beragam, seperti apel, anggur, jeruk, dan lainnya. Selain itu, buah-buahan juga melambangkan harapan agar rumah tangga yang dibangun selalu diberkahi dengan rezeki yang berlimpah.

8. Kain Tradisional

Kain tradisional seperti batik, songket, atau tenun merupakan barang seserahan yang sarat makna. Kain ini melambangkan kebudayaan yang harus terus dilestarikan dan juga menggambarkan kemewahan serta keindahan tradisi. Kain-kain ini biasanya dipilih yang berkualitas tinggi dan memiliki motif yang indah.

BACA JUGA:Bingung Menikah Pakai Adat Apa? Berikut 10 Adat Pernikahan Indonesia yang Paling Cantik

9. Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga seperti piring, gelas, atau alat masak sering kali disertakan dalam seserahan. Ini melambangkan kesiapan mempelai pria dalam membangun rumah tangga yang nyaman dan sejahtera. Peralatan rumah tangga ini dipilih yang berkualitas dan fungsional agar bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

10. Uang atau Mahar

Uang atau mahar merupakan salah satu komponen utama dalam seserahan. Mahar ini biasanya dalam bentuk uang tunai atau barang berharga lainnya yang diserahkan kepada mempelai wanita. Mahar melambangkan kesungguhan dan kemampuan mempelai pria dalam menafkahi istrinya. Besarnya mahar biasanya disepakati bersama antara kedua belah pihak.

Penutup

Sumber: