5 Alasan Mengapa Kucing Selalu Tidur Lama yang Bikin Geleng-geleng Kepala

5 Alasan Mengapa Kucing Selalu Tidur Lama yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Ilustrasi kucing tidur--Freepik

RADAR JABAR - Kadang kamu merasa bingung mengapa kucing selalu tidur lama. Kebiasaan anabul ini memang sering dilakukan, namun tak jarang kucing tidur terlalu lama bisa menimbulkan kekhawatiran sendiri.

Makhluk yang satu ini memang menjadi hewan peliharaan favorit di berbagai rumah karena menggemaskan, serta kebiasaan anehnya. Salah satu kebiasaan aneh anabul ini tidur terlalu lama.

Namun jangan khawatir, ada beberapa sebab mengapa kucing selalu tidur lama yang memiliki alasan tersendiri. Bagi yang penasaran kenapa tingkah laku anabulmu seperti ini mari simak disini!

1. Menghemat Energi

Sebagai predator alami, kucing memiliki adaptasi fisiologis yang memungkinkan mereka untuk menghemat energi. Biasanya, kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur atau istirahat siang, sehingga mereka dapat menghemat energi sebelum memburu atau bermain.

Sementara itu, kucing liar, memerlukan istirahat yang cukup agar dapat berburu, mengejar, dan menangkap mangsanya. Karena hal tersebut, tentunya kebanyakan kucing peliharaan juga menunjukkan kecenderungan yang sama, dengan menghabiskan sebagian besar hari untuk tidur dan istirahat, yang diikuti dengan bermain aktif bersama pemiliknya di siang hari.

BACA JUGA:10 Daftar Ras Kucing Termahal di Dunia, Adakah Punya Kamu? Atau Tergiurkah dengan Harganya?

2. Respon terhadap Stres

Kucing juga dapat tidur dalam waktu yang lama sebagai respons terhadap stres. Seperti manusia, kucing dapat merasa stres ketika merasa tidak aman atau ketika lingkungan mereka mengalami perubahan.

Stres dapat membuat kucing lebih tidur dari biasanya, atau bahkan mengalami insomnia. Tidur adalah cara alami bagi kucing untuk meredakan stres, membantu mereka untuk mengurangi kecemasan dan kembali ke keadaan yang lebih tenang.

3. Rasa Bosan

Kucing mungkin juga tidur dalam waktu yang lama jika mereka merasa bosan. Hewan peliharaan ini tentunya membutuhkan stimulasi dan hiburan yang beragam untuk menghindari rasa bosan. Ketika kurang dihibur, kucing mungkin memilih untuk tidur atau terlihat malas.

Pemilik kucing dapat mengatasi anabulmu yang bosan dengan cara memberikan hiburan yang beragam, seperti membuat ruang outdoor khusus untuk kucing atau menyediakan mainan sederhana untuk mereka bermain.

BACA JUGA:Kamu Harus Tau, Ini 4 Bahaya Bulu Kucing Bagi Kesehatan

4. Aktivitas Malam yang Lebih Tinggi

Beberapa kucing mungkin tidur lebih lama karena mereka lebih aktif di malam hari. Meskipun banyak kucing peliharaan mengikuti jadwal tidur pemiliknya, beberapa kucing mungkin memiliki kecenderungan alami untuk aktif pada malam hari.

Kemungkinan, kucing akan tidur sepanjang siang dan akan bangun di malam hari untuk berburu atau bermain.

5. Tidur yang Tidak Sepenuhnya

Tidak semua kegiatan berbaring kucing adalah tidur. Kadang-kadang, kucing hanya ingin beristirahat sejenak, dengan mata mereka terpejam sebagian atau sepenuhnya, sambil tetap waspada terhadap lingkungan sekitar mereka.

Sumber: