Rahasia Membuat Seblak Jadul Kerupuk Kemplang yang Menggugah Selera

Rahasia Membuat Seblak Jadul Kerupuk Kemplang yang Menggugah Selera

Radar Jabar - Seblak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Salah satu varian Seblak yang sangat populer adalah Seblak jadul kerupuk kemplang. Dengan perpaduan antara kerupuk kemplang yang renyah dan bumbu rempah yang khas, Seblak ini selalu menjadi favorit banyak orang. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat Seblak jadul kerupuk kemplang di rumah, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Bahan-bahan:

  1. Kerupuk kemplang secukupnya
  2. Indomie goreng (atau mie instan lainnya) secukupnya
  3. Daging ayam atau daging sapi sesuai selera, potong kecil-kecil
  4. Telur ayam 2 butir, kocok lepas
  5. Daun bawang, iris tipis
  6. Bawang merah 4-5 siung, iris tipis
  7. Bawang putih 3-4 siung, iris tipis
  8. Cabe rawit secukupnya, iris tipis (sesuai selera pedas)
  9. Air secukupnya
  10. Garam, gula, dan kaldu ayam secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

BACA JUGA:10 Jajanan Khas Sunda yang Paling Digemari, Ada Cireng Hingga Seblak

Cara Membuat:

1. Persiapkan Bahan Pastikan semua bahan sudah disiapkan dan siap untuk digunakan. Potong daging ayam atau daging sapi sesuai selera dan iris bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan cabe rawit.

2. Goreng Kerupuk Kemplang Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, goreng kerupuk kemplang hingga mengembang dan menjadi renyah. Angkat dan tiriskan.

3. Tumis Bumbu Gunakan sedikit minyak goreng yang masih tersisa dalam wajan untuk menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berwarna kecokelatan. Tambahkan potongan daging ayam atau daging sapi, aduk hingga daging berubah warna.

4. Masak Indomie Tambahkan air ke dalam wajan dan masukkan bumbu Indomie goreng. Masak hingga air mendidih dan mie matang. Aduk perlahan agar bumbu merata.

5. Tambahkan Telur Setelah mie matang, tuangkan telur kocok ke dalam wajan. Biarkan sebentar hingga telur mulai menggumpal.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Seblak Enak dan Viral di Bandung! Kamu Harus Coba!

6. Penyajian Tambahkan kerupuk kemplang yang telah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Koreksi rasa dengan menambahkan garam, gula, dan kaldu ayam sesuai selera. Terakhir, tambahkan irisan daun bawang dan cabe rawit sesuai selera.

7. Sajikan Seblak jadul kerupuk kemplang siap disajikan. Sajikan hangat sebagai camilan atau makanan pendamping yang lezat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan mudah membuat seblak jadul kerupuk kemplang yang lezat di rumah. Selamat m

Sumber: