UMKM Bandung Inovasikan Seblak jadi Snack Kering yang Praktis

UMKM Bandung Inovasikan Seblak jadi Snack Kering yang Praktis

Rina menunjukkan kreasi seblak miliknya. (son)-son-Istimewa

RADAR JABAR - Seblak merupakan salah satu makanan khas Kota Bandung. Biasanya tersajikan dari aneka kerupuk dengan kuah kencur yang khas.

 

Tapi di tangan Rina, Seblak dibuat dengan cara yang berbeda. Yakni dibuat camilan kering yang praktis.

 

Perempuan asal Kiaracondong itu berinovasi dengan menyajikan Seblak dalam bentuk kering. Seperti snack, tapi tetap dengan cita rasa Seblak yang khas.

 

Makanan itu juga dikemas dengan menarik. Seperti aneka snack yang biasa mewarnai etalase minimarket. Kemasannya memadukan warna merah dan hitam yang mencolok.

 

Rina menceritakan, inovasinya itu bermula dari kegemaranya ngemil. Selain itu juga senang dengan Seblak. Iapun kemudian terfikirkan agar makanan berkuah itu biasa tetap dinikmati dengan cara yang praktis. 

 

Makanya dibuatlah dalam bentuk olahan kering semacam snack. "Jadi tidak perlu ribet, bisa dimakan dimana dan kapan saja. Bisa juga untuk perjalanan piknik," paparnya kepada Jabar Ekspres.

 

Rina menambahkan, Seblak produksinya itu kini juga telah mewarnai etalase sejumlah toko oleh - oleh di Kota Bandung. "Cocok untuk oleh - oleh juga," sambungnya.

 

Selain dijual secara langsung, Seblak olahan itu juga dipasarkan melalui kanal - kanal digital. "Kalau lagi banyak itu, seminggu bisa 300 pcs produksinya," terangnya.

 

Rina memaparkan, dirinya secara latar belakang pendidikan bukanlah orang bisnis. Tapi kuliah di bidang kesehatan. Tapi saat ini ia justru berkecimpung dalam bisnis kuliner.

 

Rina rajin mengikuti pelatihan yang dilakukan Pemkot Bandung. Dari situlah berbagai jurus dalam bisnis kuliner dikuasai.(son)

Sumber: