Apple Antusias Ikut Serta dalam Pengembangan ‘Smart City’ di IKN

Apple Antusias Ikut Serta dalam Pengembangan ‘Smart City’ di IKN

CEO Apple Tim Cook (tengah) didampingi Menkominfo Budi Arie Setiadi (kanan) dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan keterangan pers usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).-Hafidz Mubarak A-ANTARA FOTO

Radar Jabar – Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook, menyambut dengan antusias permintaan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk perusahaannya bisa berpartisipasi dalam pengembangan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budie Arie Setiadi di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu 17 April 2024.

 

“Mister Tim Cook sangat antusias menyambut permintaan itu, karena itu cocok juga dengan perusahannya terkait smart city,” jelas Menkominfo Budie Arie, dikutip dari Antara.

 

Menurutnya, CEO Apple selama berdiskusi dengan Presiden Jokowi menilai Indonesia sebagai negara dengan potensi pengembangan yang besar sebab punya budaya yang sangat beragam.

 

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Indikasikan 15 Lokasi di Indonesia Telah Memiliki Status Kota Lengkap

 

Oleh karena itu, Tim memastikan Apple akan tetap hadir di Indonesia bukan hanya meluncurkan produk-produknya. Melainkan pula terlibat mengembangkan potensi SDM-nya.

 

“Tim Cook itu sangat senang datang ke Indonesia. Dia melihat Indonesia potensinya luar biasa besar, negara dengan keberagaman luar biasa, dan untuk itu Apple berkomitmen untuk terus hadir dan ada di Indonesia,” imbuh Budi.

 

Melansir dari Antara, Apple dalam hal investasi sebenarnya sudah berinvestasi sebesar Rp1,2 triliun di Indonesia. Ini guna mendukung program pengembangan talenta digital yang dikenal sebagai Apple Developer Academy.

 

BACA JUGA:KPAI Desak Kominfo Blokir Game Online Berkonten Kekerasan dan Seksual untuk Perlindungan Anak

 

Investasi tersebut diberikan melalui fasilitas pelatihan untuk para ahli teknologi di tiga fasilitas Apple Academy yang telah eksis di BSD, Kabupaten Tangerang dan Universitas Ciputra Surabaya, serta Nongsa Digital Park di Kota Batam.

 

Teranyar, Apple diketahui akan memunculkan fasilitas serupa yang baru di Bali dan bakal menjadi akademi keempat di Tanah Air.

 

Inestasi itu diharapakan bisa bertambah seiring pendirian pabrik untuk komponen produk yang sudah didorong oleh Presiden Jokowi dalam pertemuan yang sama. Dengan begitu, bisa memberikan nilai tambah lainnya untuk Indonesia.

Sumber: