6 Tips dan Trik Mengatasi Bau Kotoran Kucing di Rumah secara Alami

6 Tips dan Trik Mengatasi Bau Kotoran Kucing di Rumah secara Alami

Ilustrasi kucing--Freepik

RADAR JABAR - Kesal dengan bau kotoran kucing yang mengganggu di rumah? Mari simak cara alami mengatasi bau kotoran kucing di rumah dengan mudah dan murah!

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan populer yang sering dipelihara karena keimutan dari tingkah lakunya. Tetapi satu masalah umum yang sering dihadapi oleh pemilik kucing yaitu bau kotoran kucing yang tersebar di rumah.

Meskipun kotoran kucing berada di kotak pasir, namun bau tidak sedap ini dapat mengganggu kenyamanan dan kebersihan rumah. Ataupun bila kucing buang hajat sembarangan, terkadang masih meninggalkan bau yang tidak sedap, serta memerlukan berbagai cara untuk menghilangkan bau tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara alami yang efektif untuk mengatasi bau kotoran kucing tanpa harus menggunakan bahan kimia berbahaya. 

Bagi yang penasaran, mari simak disini cara mengatasi bau kotoran kucing di rumah dengan bahan-bahan alami. Cara-cara berikut ini tentunya bisa Anda aplikasikan dengan mudah, serta menggunakan beberapa bahan yang cukup mudah ditemui.

1. Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan alami yang sangat efektif dalam menyerap bau. Taburkan baking soda di area yang terkena kotoran kucing, biarkan semalaman, lalu bersihkan dengan air.

Baking soda akan menyerap dan menetralisir bau tidak sedap tersebut, meninggalkan aroma segar di rumah Anda.

BACA JUGA:6 Tips dan Trik Merawat Bulu Kucing Kampung Agar Halus dan Kinclong

2. Cuka

Cuka juga merupakan bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan bau kotoran kucing. Campurkan satu cangkir cuka dengan air dalam semprotan botol, semprotkan ke area yang terkena kotoran kucing, biarkan beberapa menit, lalu lap bersih dengan air bersih.

Menggunakan cuka tentunya akan membantu menghilangkan bau yang membandel, namun cuka juga memiliki aroma asam yang cukup kuat.

3. Bubuk Kopi

Bubuk kopi ternyata tidak hanya enak untuk diminum, tetapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kotoran kucing.

Taburkan bubuk kopi di area yang terkena kotoran kucing setelah membersihkannya, biarkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan air bersih. Aroma kopi yang kuat akan menutupi bau tidak sedap kotoran kucing di rumah Anda.

BACA JUGA:7 Tips Membersihkan Bulu Kucing Menempel di Baju yang Membandel

4. Arang

Arang juga dapat digunakan sebagai bahan penyerap bau yang efektif. Taburkan arang di area yang terkena kotoran kucing, biarkan semalam, lalu bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa arang.

Sumber: