Ayo 5 Hari Lagi! Berikut Keistimewaan Mengkhatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

Ayo 5 Hari Lagi! Berikut Keistimewaan Mengkhatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

Ayo 5 Hari Lagi! Berikut Keistimewaan Mengkhatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan- Keistimewaan Mengkhatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan-Freepik

Keutamaan tersebut sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah RA:

كينة، وغَشِيتْهُمُ الرَّحْمَةَ وَحَفَتُهُمُ الْمَلَائِكَةَ، وَذَكَرَهُمُ الله فيمَنْ عِنْدَهُ. رواه مسلم

Artinya: "Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah diantara rumah-rumah Allah (masjid), kemudian mereka membaca kitab Allah (Al-Qur'an) dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun atas mereka sakinah (ketenangan) dan Allah meliputi mereka dengan rahmat, mereka akan dinaungi para malaikat, dan Allah akan membanggakan mereka di hadapan para malaikat." (HR Muslim).

BACA JUGA:7 Amalan di Bulan Ramadhan bagi Perempuan Haid agar Tetap Dapat Pahala

 

3. Diangkat Derajatnya oleh Allah SWT

Membaca dan mengamalkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan juga akan meningkatkan derajat seseorang di mata Allah SWT.

Allah akan mengangkat derajat mereka yang bersungguh-sungguh dalam mempelajari Al-Qur'an dan menjalankan ajarannya.

Umar bin Khattab RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur'an), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain," (HR Muslim).

4. Mendapat Syafaat pada Hari Kiamat

Dalam hadis yang disampaikan Ibn Umar RA, disebutkan bahwa Allah SWT akan mengharamkan sifat iri dan dengki bagi mereka yang membaca Al-Qur'an.

Ini menunjukkan bahwa Al-Qur'an akan menjadi syafaat bagi umat Muslim di akhirat nanti.

وعن ابن عمر رضي الله عنهما عن النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال لا حَسَدَ إلا في اثنتين رجُلٌ آتَاهُ اللَّه القُرآنَ فَهوَ يقومُ بِهِ آنَاءَ اللَّيلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ وَرَجُلٌ آتَاهُ اللَّه مالا فهو يُنْفِقهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النهار متفق عليه. والآناء الساعات

Artinya: Dari Ibnu Umar r.a berkata bahwa Nabi SAW bersabda, "Tidak dihalalkan dengki itu, melainkan terhadap dua macam orang, yaitu orang yang diberi kepandaian oleh Allah SWT dalam hal Al-Qur'an, lalu ia berdiri dengan Al-Qur'an itu (membaca sambil memikirkan dan mengamalkannya) di waktu malam dan waktu siang, juga seorang yang dikaruniai oleh Allah akan harta lalu ia menafkahkannya di waktu malam dan siang untuk kebaikan." (Muttafaq 'alaih).

 

5. Pahala Satu Huruf Dibalas dengan Sepuluh Kebaikan

Menurut hadis yang diriwayatkan Abdullah bin Mas'ud RA, setiap huruf yang dibaca dari Al-Qur'an akan dibalas dengan sepuluh kebaikan.

Bahkan, satu huruf saja dari Al-Qur'an akan mendatangkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

أَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya: "Abdullah bin Mas'ud r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الٓمٓ (Alif Lam Mim) satu huruf, melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf." (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:7 Buah-buahan yang Dapat Mengatasi Rasa Haus Selama Puasa di Bulan Ramadhan

 

Sumber: