Ayo 5 Hari Lagi! Berikut Keistimewaan Mengkhatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

Ayo 5 Hari Lagi! Berikut Keistimewaan Mengkhatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

Ayo 5 Hari Lagi! Berikut Keistimewaan Mengkhatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan- Keistimewaan Mengkhatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan-Freepik

RADAR JABAR - Saat Ramadhan tiba, umat Muslim selalu bersemangat untuk meningkatkan amal ibadahnya. Bulan Ramadhan merupakan waktu yang istimewa, dimana pahala dari setiap amal kebaikan dilipatgandakan.

Salah satu amalan yang banyak dilakukan umat Islam pada bulan ini adalah membaca Al-Qur'an. Membaca Al-Qur'an memang menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan.

Sebab, bulan Ramadhan merupakan bulan di mana Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi umat manusia. Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabatnya juga telah mencontohkan untuk memperbanyak membaca dan mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan.

Sebagai contoh, Ibn Abbas RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, terutama pada bulan Ramadhan. Setiap malam dalam bulan tersebut, malaikat Jibril mengajaknya untuk membaca dan mempelajari Al-Qur'an.

وعن ابن عباس قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيدارسه القرآن فلرسول الله صلى الله عليه وسلم أجود بالخير من الريح المرسلة. رواه البخاري ومسلم


Artinya: "Dari Ibnu Abbas r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW adalah manusia yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadhan, dan ketika Rasulullah SAW ditemui oleh malaikat Jibril setiap malam pada bulan Ramadhan untuk mengajaknya membaca dan mempelajari Al-Qur'an. Dan Rasulullah lebih dermawan dari para utusan." (HR Imam Bukhari dan Muslim).

 

BACA JUGA:Panduan Membayar Utang Puasa Ramadhan dengan Benar

 

Berikut ini adalah beberapa keutamaan dan keistimewaan bagi mereka yang mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan:

 

1. Doa yang Mustajab

Rasulullah SAW menyampaikan bahwa bagi mereka yang mengkhatamkan Al-Qur'an, doanya akan menjadi mustajab. Hal ini menunjukkan bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa-doa mereka yang sungguh-sungguh dalam membaca dan mempelajari Al-Qur'an.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang selesai melaksanakan salat fardhu, maka baginya doa yang mustajab, dan barang siapa yang selesai membaca Al-Qur'an maka baginya juga doa yang mustajab," (HR At-Thabrani).

 

2. Mendapat Ketenangan dan Naungan Malaikat

Menurut hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, setiap kelompok yang berkumpul di masjid untuk membaca dan mempelajari Al-Qur'an akan mendapat sakinah (ketenangan). Mereka juga akan diliputi oleh rahmat Allah SWT dan dinaungi oleh para malaikat.

Sumber: