Polres Sukabumi Pastikan Akan Cegah Aksi Pungli di Sekitar Destinasi Wisata

Polres Sukabumi Pastikan Akan Cegah Aksi Pungli di Sekitar Destinasi Wisata

Ilustrasi aksi pungli. Polres Sukabumi Pastikan Akan Cegah Aksi Pungli di Sekitar Destinasi Wisata-BPKP-Situs resmi BPKP 2024

Radar Jabar – Polres Sukabumi telah menyiapkan personel guna memonitor keamanan serta mencegah aksi pungutan liar (pungli) terhadap wisatawan yang datang ke berbagai objek wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, saat musim libur Lebaran.

 

“Kami sudah menyiagakan puluhan personel untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan yang datang ke objek wisata di Kabupaten Sukabumi pada libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 H,” ujar Kapolres Sukabumi, Tony Prasetyo, di Sukabumi pada Minggu 31 Maret 2024, dikutip dari Antara, Senin (1/4).

 

Dia mengatakan bahwa melihat dari pengalaman tahun lalu, obejk wisata pantai Kabupaten Sukabumi padat dengan puluhan ribu wisatawan. Mereka datang dari Kota Sukabumi serta pelbagai daerah semisal Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, juga Cianjur dan Bandung.

 

BACA JUGA:Antisipasi Mudik Lebaran 2024, Dirlantas Polda Jabar Akan Lakukan Beberapa Skema Pengaturan

 

Oknum tak bertanggung jawab umumnya memanfaatkan lonjakan jumlah wisatawan tersebut. Dengan cara melakukan pungli terhadap wisatawan lewat berbagai modus seperti parkir, dan jasa keamanan, demikian menurut Tony.

 

Maka dari itu, katanya, personel yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Anti Pungli Polres Sukabumi disebar. Ini guna melakukan pemantauan, pengawasan, sampai penangkapan terhadap mereka yang berpotensi berbuat pungli.

 

“Siapapun yang terbukti melakukan pungli, kami akan tindak sesuai dengan hukum yang berlaku dan tidak akan tebang pilih. Siapa yang berbuat, dia yang harus bertanggung jawab,” tutur dia.

 

BACA JUGA:Polisi Inspeksi di SPBU di Tasikmalaya untuk Cegah Kemugkinan Kecurangan dan Pastikan Ketersediaan BBM

 

Lebih lanjut, Tony menyebut pihaknya juga melaksanakan patrol rutin ke berbagai titik lokasi wisata sebagai bagian dari upaya pencegahan terhadap aksi pungli dan gangguan kamtibmas.

 

Selain itu, pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait lain semisal Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sukabumi, dan petugas penjaga Pantai. Tambah dia, personel di tingkat Polsek pun dikerahkan demi melaksanakan pengamanan di area wisata.

Sumber: