9 Tradisi Lebaran Idul Fitri Umat Muslim di Indonesia

9 Tradisi Lebaran Idul Fitri Umat Muslim di Indonesia

Tradisi Lebaran Idul Fitri Umat Muslim di Indonesia-(Ilustrasi)-Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Hari Lebaran Idul Fitri merupakan momen yang paling di tunggu bagi seluruh umat muslim di dunia, salah satunya di indonesia Sebab, Hari raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat muslim, dimana umat muslim telah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan ramadhan.

Selain sebagai hari raya agama, Lebaran juga menjadi momen untuk bersilaturahmi dan menunjukkan rasa saling menghormati antar keluarga, teman, dan tetangga. Selain itu, dilansir dari berbagai sumber, Indonesia juga memiliki tradisi khas dalam merayakan Lebaran yang telah membudaya dalam kehidupan masyarakat.

 

Berikut ini adalah beberapa tradisi khas Indonesia dalam merayakan Lebaran Idul Fitri :

 

1. Mudik

Mudik adalah tradisi khas Indonesia dalam merayakan Lebaran yang sudah ada sejak lama. Mudik merupakan kegiatan perjalanan pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman di sana. Selain itu, mudik juga kadang menjadi momen untuk memperkenalkan keluarga baru atau pasangan hidup kepada keluarga besar.

2. Open House

Menyambut tamu/open house. Salah satu tradisi khas Indonesia dalam merayakan Lebaran Idul Fitri adalah dengan menyambut tamu. Keluarga besar atau tetangga sering datang berkunjung ke rumah untuk bersilaturahmi dan saling mengucapkan selamat Lebaran Idul Fitri. Biasanya, tuan rumah menyajikan makanan dan minuman khas Lebaran, seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kue kering.

 

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Hampers Lebaran Untuk Keluarga dan Teman, Bermanfaat dan Berkesan!

 

3. Nyekar

Nyekar/ mengunjungi makam keluarga. Tradisi berkunjung ke makam keluarga juga menjadi bagian dari merayakan Lebaran Idul Fitri di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengenang dan mendoakan keluarga yang sudah meninggal dunia. Pada umumnya, kegiatan ini dilakukan sebelum atau setelah hari raya Idul Fitri.

4. Malam Takbiran

Malam takbiran adalah tradisi khas Indonesia dalam merayakan Lebaran Idul Fitri yang dilakukan pada malam sebelum Idul Fitri. Masyarakat berkumpul di masjid atau tempat ibadah untuk bersama-sama membaca takbir. Tak jarang, takbiran dilakukan dengan berkeliling menggunakan mobil.

5. Salam Tempel

Tradisi Lebaran Idul Fitri di Indonesia yang unik selanjutnya adalah tradisi "salam tempel" dimana anggota keluarga yang telah dewasa dan berpenghasilan akan membagi-bagikan amplop berisikan THR kepada anak-anak kecil. Tak heran jika tradisi Lebaran Idul Fitri ini adalah yang paling ditunggu oleh anak-anak.

 

BACA JUGA: 5 Ide Kue Khas Lebaran yang Paling Populer, Intip Resepnya

Sumber: