7 Rekomendasi Makanan Berserat Tinggi untuk Menahan Lapar saat Puasa

7 Rekomendasi Makanan Berserat Tinggi untuk Menahan Lapar saat Puasa

7 Rekomendasi Makanan Berserat Tinggi untuk Menahan Lapar saat Puasa-Makanan Berserat Tinggi untuk Menahan Lapar-Freepik

RADAR JABAR - Selama berpuasa, rasa lapar bisa menjadi tantangan, terutama saat beraktivitas. Untuk membantu menjaga kenyang lebih lama, konsumsilah makanan yang kaya serat saat sahur dan berbuka.

Makanan tinggi serat bermanfaat dalam memperlambat proses pengosongan lambung, sehingga rasa kenyang akan lebih tahan lama. Selain itu, asupan serat yang cukup juga dapat mencegah sembelit yang mungkin terjadi karena perubahan pola makan dan kurangnya asupan cairan serta nutrisi saat berpuasa.

 

Manfaat Makanan Berserat Tinggi saat Puasa:

1.    Menjaga Perasaan Kenyang:

Makanan berserat tinggi dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan saat sahur dan berbuka puasa.

2.    Mengatur Pencernaan:

Serat dalam makanan membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit yang mungkin terjadi karena perubahan pola makan selama puasa.

 

BACA JUGA:Bisa Nahan Lapar! Simak 5 Manfaat Tidur Siang Saat Berpuasa

 

3.    Menyehatkan Usus:

Serat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, yang penting untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

4.    Stabilkan Gula Darah:

Makanan berserat tinggi cenderung memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil selama berpuasa.

Sumber: