4 Peristiwa yang Akan Terjadi di Padang Mahsyar, Ini 7 Golongan yang Akan Dilindungi Allah

4 Peristiwa yang Akan Terjadi di Padang Mahsyar, Ini 7 Golongan yang Akan Dilindungi Allah

Peristiwa yang Akan Terjadi di Padang Mahsyar-RJ-

RADAR JABAR - Ada empat peristiwa yang terjadi di padang mahsyar dan beberapa golongan yang akan dilindungi Allah SWT. Padang Mahsyar adalah tempat di mana umat manusia berkumpul kembali mulai dari Nabi Adam hingga manusia-manusia yang hidup sampai hari kiamat.

Keadaan di tempat tersebut sangat mencekam, dan hanya Allah yang dapat memberi perlindungan kepada hamba-Nya.

Allah berfirman dalam Surah Yunus ayat 30, "Di tempat itu (Padang Mahsyar) setiap orang akan merasakan pembalasan dari apa yang telah dikerjakannya dahulu, dan mereka dikembalikan kepada Allah, pelindung sebenarnya mereka, dan lenyaplah dari mereka apa yang mereka ada-adakan." Inilah peristiwa yang akan terjadi di Padang Mahsyar

1. Matahari Didekatkan

Sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW di mana jarak matahari dengan kepala hanya satu jengkal sehingga membuat orang-orang sulit menghadapi kesulitan selama di dunia. Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA:5 Tempat Paling Aman dari Kiamat di Akhir Zaman

"Pada hari kiamat, matahari didekatkan kepada seluruh makhluk hingga berjarak satu mil di atas kepala mereka, lalu seluruh manusia akan tergenang dalam peluh mereka berdasarkan kadar amalan mereka di dunia" (HR Muslim).

2. Manusia dalam Keadaan Telanjang

Kondisi manusia di Padang Mahsyar ditegaskan dalam firman Allah dalam Surat Al-Anbiya ayat 104, di mana Allah SWT berfirman, "Ingatlah hari ketika Kami menggulung langit seperti halnya gulungan lembaran catatan.

Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya lagi. Itu adalah janji yang pasti Kami tepati.

Sesungguhnya Kami akan melaksanakannya." Adapun hadis dari Aisyah R.A menjelaskan manusia di Padang Mahsyar dalam kondisi seperti saat mereka dilahirkan, yakni tidak beralas kaki, tidak berpakaian, hingga tidak dalam kondisi khitan.

BACA JUGA:Tujuan Allah Mengumpulkan Zionis Yahudi Israel di Tanah Palestina

Hal ini sejalan dengan hadis Rasulullah saw, "Manusia pada hari kiamat akan dihimpun di Padang Mahsyar dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang bulat, dan tidak bersunat." Aisyah RA bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah wanita dan pria semuanya berkumpul jadi satu dan saling memandang?" Beliau bersabda, "Di sana keadaannya sangat mencekam sehingga tidak ada kesempatan bagi mereka untuk saling melihat" (HR Muslim).

Manusia yang pertama kali diberikan pakaian ketika di Padang Mahsyar adalah Nabi Ibrahim, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya orang pertama yang diberikan pakaian pada hari kiamat adalah Nabi Ibrahim" (HR Bukhari).

3. Penantian Panjang

Manusia akan mengalami penantian yang panjang dan berat menanti pengadilan dari Allah SWT. Ketika di Padang Mahsyar, satu hari di sana sama dengan 1000 tahun di dunia.

Al-Hafidz Ibnu Katsir menyatakan dalam sebuah hadis bahwa "mereka kelak akan berdiri selama 70 tahun dalam keadaan tidak berbicara sedikitpun." Ada yang mengatakan mereka berdiri selama 300 tahun dan ada yang mengatakan mereka berdiri selama 4000 tahun. Setelah itu, baru diputuskan perkara mereka seukuran 10.000 tahun.

Sumber: