5 Tempat Paling Aman dari Kiamat di Akhir Zaman

5 Tempat Paling Aman dari Kiamat di Akhir Zaman

Tempat Paling Aman dari Kiamat di Akhir Zaman-Unsplash/Abdulla Dhahri-

RADAR JABAR - Ada satu kepastian di dunia ini, yaitu hari kiamat, baik kiamat besar (kubro) atau kiamat kecil (sugro) di akhir zaman. Ternyata ada sejumlah tempat paling aman dari kiamat menurut Al-Qur’an dan Hadis, juga ilmuwan.

Kita, yang hidup saat ini, termasuk dalam orang-orang akhir zaman. Bisa ya, bisa juga tidak, tapi kita semua akan mengalami suatu hari di mana bumi akan mengalami kerusakan terparah, yaitu kiamat besar.

Hari itu menjadi akhir dari segala sesuatu yang hidup, merupakan hari yang paling menakutkan sepanjang sejarah manusia. Pada hari itu, terjadi kerusakan menyeluruh pada bumi dan alam semesta. Jadi, jika ada orang-orang yang mungkin berhasil tinggal dan hidup di Planet Mars pada saat itu, mereka juga akan musnah.

Kiamat tidak hanya diyakini oleh orang-orang beragama, ilmuwan dari golongan atheis juga meyakini bahwa suatu hari nanti, bumi dan seluruh alam semesta akan hancur berkeping-keping.

BACA JUGA:8 Peristiwa dalam Al-Quran Terjadi di Dunia Nyata

Namun, sebelum kiamat besar itu terjadi, di masa-masa sebelumnya, akan terjadi kerusakan-kerusakan kecil yang ditimbulkan oleh manusia, mulai dari perang, fitnah, hingga kebohongan, yang dapat merusak akidah umat Islam.

Dikatakan bahwa seluruh daerah di muka bumi akan mengalami hal tersebut. Namun, ada lima lokasi atau lima negeri yang terbebas dari semua itu.

5 Tempat Paling Aman dari Kiamat

Kali ini kami akan membahas 5 negeri teraman dari kiamat dan konflik akhir zaman yang direkomendasikan oleh Rasulullah SAW dan para ilmuwan.

1. Mekah

Mekah, atau secara resmi dikenal sebagai Mekah Almukaromah, adalah sebuah kota yang mulia dan menjadi satu dari kota suci umat Islam. Tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW ini memiliki luas 1200 km², dan pada tahun 2023, penduduknya tercatat mencapai 2.150.000 jiwa.

BACA JUGA:6 Hewan Mitologi Misterius yang Disebut dalam Al Quran dan Hadis

Mekah menjadi salah satu kota tersibuk karena jutaan orang dari seluruh dunia selalu mengunjungi tempat ini setiap saat, baik dalam momen umrah maupun Haji. Kota ini direkomendasikan oleh Rasulullah SAW sebagai tempat teraman ketika dunia berada di ambang kiamat.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, "Tiada suatu negeri pun melainkan akan diinjak oleh Dajal, kecuali hanya Mekah dan Madinah yang tidak. Tiada suatu lorong pun dari lorong-lorong Mekah dan Madinah itu melainkan di situ ada para malaikat yang berbaris rapat untuk melindunginya. Kemudian, Dajal turunlah di suatu tanah yang berpasir, lalu Kota Madinah bergoncanglah sebanyak tiga goncangan, dan dari goncangan-goncangan itu Allah SWT akan mengeluarkan setiap orang kafir dan munafik." (HR Muslim)

2. Madinah

Awalnya, kota ini bernama Yatsrib, kemudian diubah namanya menjadi Madinah. Terletak 450 km dari Mekah, Madinah menjadi kota selanjutnya yang direkomendasikan oleh Rasulullah SAW sebagai tempat aman untuk ditinggali ketika dunia berada di ambang kiamat kubro.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, “Sesungguhnya Iman akan kembali ke Kota Madinah sebagaimana ular kembali ke lubang atau sarangnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Sumber: jazirah ilmu