Hamas Bersedia Lakukan Gencatan Senjata Jika Israel Juga Melakukan Hal Yang Sama

Hamas Bersedia Lakukan Gencatan Senjata Jika Israel Juga Melakukan Hal Yang Sama

Dengar pendapat publik mengenai kasus genosida Afrika Selatan terhadap Israel dimulai di Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag, Belanda, pada 11 Januari 2024.--ANTARA/Dursun Aydemir-Anadolu

RADAR JABAR - Hamas mengumumkan bahwa mereka akan mengikuti keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) untuk melakukan gencatan senjata di Gaza, dengan syarat Israel melakukan hal yang sama, pada Kamis (25/1).

“Apabila ICJ yang berbasis di Den Haag memberikan keputusan untuk gencatan senjata, Hamas akan mengikutinya asalkan lawan juga melakukan tindakan serupa.” ucap Hamas dalam sebuah pernyataan.

Dalam pernyataan tersebut, dijelaskan bahwa Hamas sangat memperhatikan jalannya sidang di ICJ, terutama setelah Afrika Selatan mengajukan kasus yang menyangkut genosida.

BACA JUGA:Presiden Korea Selatan Akan Klarifikasi Skandal Tas Dior Mewah Ibu Negara

Selain itu, Hamas menyatakan kesiapannya untuk melepaskan tahanan Israel yang mereka pegang di Gaza dengan syarat Israel membebaskan tahanan Palestina yang ada di penjara-penjara Israel.

Menurut informasi, Hamas masih memiliki 136 warga Israel sebagai tahanan sejak insiden yang terjadi pada tanggal 7 Oktober 2023.

ICJ, yang berlokasi di Den Haag, Belanda, dijadwalkan akan mengumumkan keputusannya mengenai tuntutan yang diajukan oleh Afrika Selatan tentang tuduhan genosida oleh Israel di Gaza pada hari Jumat.

Tuntutan dari Afrika Selatan ke ICJ, yang diajukan pada 29 Desember, meminta pengadilan untuk memberikan perintah kepada Israel atas dasar pelanggaran Konvensi Genosida karena serangan yang dilakukan oleh Tel Aviv di Gaza.

BACA JUGA:9 Sisi Gelap Pangeran Muhammed bin Salman, Buat Arab Saudi Makin Kontroversial

Afrika Selatan mengajukan permintaan kepada ICJ agar mengeluarkan sembilan perintah sementara terhadap Israel.

Perintah tersebut mencakup tuntutan agar Israel segera menghentikan operasi militernya di Gaza dan mengambil langkah-langkah yang memadai untuk mencegah genosida terhadap warga Palestina.

Afrika Selatan juga mendesak agar Israel memastikan para pengungsi dapat kembali ke rumah mereka dan mendapatkan akses ke bantuan kemanusiaan seperti makanan, air, bahan bakar, pasokan obat-obatan dan kebersihan, tempat tinggal, serta pakaian.

Terakhir, Afrika Selatan menghendaki Israel mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghukum mereka yang terlibat dalam tindakan genosida.*

Sumber: antara