8 Rekomendasi Film Indonesia Adaptasi Novel Best Seller Terbaik

8 Rekomendasi Film Indonesia Adaptasi Novel Best Seller Terbaik

8 Rekomendasi Film Indonesia Adaptasi Novel Best Seller Terbaik-Imperfect Salah Satu Film Indonesia Adaptasi Novel-Wikipedia

Radar Jabar – Kesuksesan sebuah novel sering berujung pada terpilih untuk diangkat ke layar lebar alias dibuat menjadi versi film. Bahkan beberapa novel yang dipilih oleh sutradara untuk dibuat sebagai film adalah berlabel ‘best seller’

 

Dari sekian banyak film adaptasi novel best seller tentunya memiliki cerita unik dan nilai lebih masing-masing. Nah jika kalian mencari yang ceritanya beragam mulai dari persahabatan, percintaan, hingga memberi pengajaran, beberapa film recommended to watch.

 

Berikut adalah beberapa rekomendasi film Indonesia adaptasi novel best seller yang layak kamu tonton, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Geez & Ann (2021)

Geez & Ann berkisah tentang seorang gadis cantik, pintar, dan mandiri, yang jatuh cinta dengan seorang pria bernama Geez. Belakangan keduanya harus terpisah jarak sehingga membuat hubungan mereka mulai terasa hambar. Hubungan mereka pun banyak melewati rintangan yang menguji kesetiaan.

 

2. Dilan 1990 (2018)

Film ini diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq. Dilan 1990  mengisahkan tentang perjuangan sosok Dilan yang berusaha mencuri perhatian Milea, gadis cantik di sekolahnya. Kisah percintaan unik keduanya semakin mesra dengan intrik-intrik ego anak remaja masa SMA.

 

3. 5 cm (2012)

"5 cm" merupakan film Indonesia yang menceritakan tentang lima orang sahabat dekat, Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian, yang telah berteman sejak kecil. Film ini berkisah tentang persahabatan mereka dan perjalanan mereka menaklukkan gunung Semeru, menguji kekuatan ikatan mereka. Ini juga mengeksplorasi perjuangan dan aspirasi individu mereka. Film ini terkenal dengan penggambaran nilai persahabatan dan pengejaran impian.

 

4. Perahu Kertas (2012)

"Perahu Kertas" adalah sebuah film Indonesia yang dirilis pada tahun 2012 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini bercerita tentang Kugy, seorang gadis tomboy dan ceria yang percaya bahwa dirinya adalah agen Neptunus, dan Keenan, seorang pemuda yang belajar bersamanya di universitas. Film ini mengeksplorasi hubungan pasang surut mereka saat mereka melewati kesulitan dan komitmen baru.

 

5. Mariposa (2020)

Mariposa adalah film drama remaja komedi romantis Indonesia yang disutradarai oleh Fajar Bustomi, berdasarkan novel tahun 2018 berjudul sama karya Luluk HF. Film ini bercerita tentang Acha, seorang ahli kimia berusia 16 tahun yang mulai menyukai Iqbal, seorang pria yang dikenal tampan, pintar, namun dingin. Acha bertekad memenangkan hati Iqbal, namun ia selalu kabur setiap kali ada orang yang mendekatinya.

 

6. Imperfect (2019)

Film ini berdasarkan pada novel "Imperfect: A Journey to Self-Acceptance" karya Meira Anastasia. Imperfect mengikuti kisah Rara, seorang rekan peneliti yang berantakan dan kelebihan berat badan yang hidup di dunia yang mengutamakan penampilan.

 

Meski begitu, Rara memiliki pacar yang baik hati, tampan, dekat dengan ibunya, dan sahabat yang selalu mendukungnya saat menghadapi gadis nakal di kantor. Ketika manajer pemasaran Rara mengundurkan diri, dia bertekad untuk membuktikan diri dan mengatasi rasa tidak amannya.

 

7. Antologi Rasa (2019)

"Antologi Rasa" merupakan film Indonesia tahun 2019 yang menceritakan tentang empat orang sahabat, Keara, Ruly, Harris, dan Denise, yang diam-diam saling mencintai. Keara mencintai Ruly, yang mencintai Denise, sedangkan Harris mencintai Keara. Film ini mengeksplorasi kompleksitas cinta dan persahabatan. Digambarkan sebagai alun-alun cinta, dan menampilkan sinematografi yang indah, terutama dalam adegan yang diambil di Bali.

 

8. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013)

Film ini diadaptasi dari novel karya Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Hamka. 

 

Plotnya berkisar pada kisah cinta antara Zainuddin, Hayati, dan Aziz, perbedaan latar belakang sosial membuat cinta sejati mereka berujung pada tragedi. Film ini mengeksplorasi perbedaan budaya dan pengetahuan agama, serta perilaku Adat Minangkabau dalam masyarakat etnis Minang.

Sumber: