Dinkes Jabar Lakukan Penyelidikan Terhadap Kasus Keracunan Makanan di Purwakarta

Dinkes Jabar Lakukan Penyelidikan Terhadap Kasus Keracunan Makanan di Purwakarta

Dinkes Jabar Lakukan Penyelidikan Terhadap Kasus Keracunan Makanan di Purwakarta-Ilustrasi makanan-Freepik

RADAR JABAR - Dinkes Provinsi Jawa Barat sedang melakukan penyelidikan terhadap dugaan kasus keracunan massal di Kabupaten Purwakarta. Diketahui bahwa sebanyak 227 orang dilaporkan mengalami muntah-muntah setelah mengonsumsi makanan pada Jumat (17/11).

 

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Jawa Barat, Rochady Hendra Setya Wibawa, pihaknya tengah memeriksa sampel muntahan korban yang diduga mengalami keracunan, serta menganalisis makanan yang dikonsumsi oleh mereka.

 

"Kami telah mengambil sampel dari makanan Jumat berkah jumatan berupa nasi, mi goreng dan telur balado. Saat ini, sampel muntahan juga sedang diteliti di Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah),"  ungkap Rochady, Senin, di Bandung.

BACA JUGA:Pemkot Cirebon Berhasil Turunkan Angka Stunting Sebanyak 13 Persen per Tahun

 

Selain menguji sampel, Dinkes Jawa Barat juga melakukan pemeriksaan, memberikan obat dan rujukan, serta berkoordinasi dengan desa dan aparat setempat.

 

Rochady melaporkan bahwa hingga saat ini, jumlah korban keracunan mencapai 227 orang, dengan 195 orang mengalami gejala ringan dan 32 orang mengalami gejala berat. Untuk saat ini, belum ada laporan korban yang meninggal dunia akibat peristiwa tersebut.

BACA JUGA:Pemkab Bandung Ekspor 19,5 Ton Kopi Menuju Prancis

 

Semua korban telah mendapatkan penanganan dengan pemberian infus, oralit, obat-obatan lainnya, dan pemantauan intensif. Total petugas kesehatan yang menangani kasus ini mencapai 84 orang.

 

Sumber: antara