Kementerian LHK Jawa Tengah Laporkan Dugaan Pelanggaran HAM Berat ke Komnas HAM

Kementerian LHK Jawa Tengah Laporkan Dugaan Pelanggaran HAM Berat ke Komnas HAM

Kementerian LHK Jawa Tengah Laporkan Dugaan Pelanggaran HAM Berat--Radar Jabar

 

 

 

"Tanah tempat kami menebang kayu tersebut ada SPPT nya, kok di tuduh bawa kayu ilegal dan di tahan tanpa prosedur yang jelas," tegasnya.

 

 

 

"Ini sudah perbuatan melawan hukum dan dugaan pelanggaran HAM berat, karena menahan beberapa orang tanpa prosedur, yang jelas kami sudah membuat laporan resmi ke Komnas Ham agar di usut tuntas," tuturnya.

 

 

 

Menurut Ijudin, terkait perbuatan ini, jika seseorang dipaksa untuk di tahan tanpa prosedur bisa di kategorikan sebagai dugaan perbuatan penculikan.

 

 

BACA JUGA:Komnas Ham Menduga Ada Upaya Pengaburan Fakta di TKP Tewasnya Brigadir J

 

 

"Kalau Komnas HAM tidak segera menangani, akan ada lagi korban-korban dari masyarakat lainnya," ujar Ijudin.

 

 

 

"Oleh karenanya, kami berharap Komnas HAM segera turun kelapangan, agar siapa saja yang terlibat dalam dugaan pelanggaran HAM ini dapat di proses secara hukum," ungkapnya.

 

 

 

Ketua DPC MGP Pangandaran, Sugiyanto, mengungkapkan rencananya untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait demonstrasi di LHK. Sugiyanto menegaskan bahwa masalah ini tidak boleh dianggap remeh, dan ia berharap agar seragam dan kewenangan LHK tidak disalahgunakan untuk mengintimidasi masyarakat.

 

 

 

"Padahal dugaan kasus-kasus lain yang melibatkan oknum LHK begitu banyak terjadi, tapi di biarkan seperti penebangan liar," kata Sugiyanto.

 

 

Sumber: