Rekomendasi 7 Kuliner Khas Cirebon yang Paling Terkenal, Wajib Dicoba Saat Wisata Kulineran!

Rekomendasi 7 Kuliner Khas Cirebon yang Paling Terkenal, Wajib Dicoba Saat Wisata Kulineran!

Rekomendasi 7 Kuliner Khas Cirebon yang Paling Terkenal, Wajib Dicoba Saat Wisata Kulineran!-Tahu Gejrot salah satu kuliner khas Cirebon yang Paling Terkenal-Tangkapan layar via Tokopedia.com

Radar Jabar – Memang tidak akan ada habisnya kalau membahas mengenai kuliner di Indonesia mengingat hampir setiap daerah memiliki kuliner khas. Salah satu daerah di Bumi Pertiwi yang terkenal akan makanan atau kuliner khas adalah Cirebon, Jawa Barat.

 

Ya, kota yang dikenal dengan julukan ‘Kota Udang’ tersebut punya banyak destinasi kuliner yang kualitas rasanya juara. Beberapa di antara kuliner-kuliner tersebut juga adalah kuliner khas Cirebon.

 

Bukan hal sulit pula menemukan hidangan khas tersebut. Para wisatawan mau pun masyarakat dapat dengan mudah menemukan kuliner khas Cirebon, mulai dari sepanjang jalan, pasar, tempat wisata, dan tempat makan.

 

Mengingat wisata kuliner adalah salah satu ‘tradisi’ saat berwisata, tentunya sayang jika tidak mencicipi makanan khas di Cirebon saat berkunjung. Maka dari itu kami memiliki rekomendasi kuliner khas Cirebon terpopuler yang wajib dicoba.

 

BACA JUGA: Menikmati 8 Kelezatan Kuliner Khas Cirebon yang Nikmat dan Bikin Ketagihan, Kuy Cobain!

 

Daftar dan penjelasan 7 Kuliner Khas Cirebon yang Paling Terkenal

 

1.      Empal Gentong Haji Apud

 

Empal Gentong Haji Apud menyajikan berbagai macam menu empal gentong yang sangat enak. Hidangan empal gentong di tempat makan ini memiliki tekstur rasa empuk dan tidak keras.

 

Empal gentongnya terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Harganya juga terjangkau, sekitar Rp 20.000 per porsi

 

2.      Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah hidangan yang sangat khas dengan cita rasa asam manis pedas. Tahu Gejrot banyak dijual di jalan-jalan Cirebon, pasar, tempat wisata, hingga di sentra oleh-oleh khas Cirebon.

 

3.      Nasi Lengko Haji Barno

Nasi lengko bisa menjadi pilihan menu makan siang bagi kamu yang vegetarian. Seporsi nasinya disajikan lengkap dengan tahu, tempe, tauge rebus, potongan mentimun segar.

Ditambah juga taburan daun kucai yang disiram dengan bumbu kacang akan mengenyangkan perut Anda.

 

BACA JUGA:8 Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Anda Coba!

 

4.      Mie Colot

Mie colot adalah mie yamin ala Cirebon. Varian mie satu ini terbuat dari mi dengan helaian tipis dan halus yang direbus bersama sawi hijau.

 

Setelah itu mie akan diaduk dengan minyak ayam dan kecap manis.

 

5.      Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah nasi yang diberikan alas daun jati. Nasi Jamblang ini terkenal dengan aromanya yang wangi.

 

Hidangan itu dilengkapi dengan beragam macam lauk yang tersedia. Mulai dari hidangan seperti sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, perkedel, dan lainnya.

 

BACA JUGA:10 Makanan Terenak di Bandung, Nikmatnya Kuliner Khas Bandung, Wajib Cobain!

 

6.      Mie Koclok

Sajian berbahan dasar mie dengan kuah kental ini tidak pernah gagal membuat para penggemarnya untuk datang dan mencoba lagi. Ciri khas mie koclok yakni adalah kuah kental yang terbuat dari santan kelapa, dan isian berupa ayam suwir, potongan telur rebus, tauge, kol, serta daun bawang.

 

7.      Ketoprak

Rekomendasi kuliner khas Cirebon terakhir dalam daftar ini adalah Ketoprak. Untuk Ketoprak Cirebon dibalut dengan bumbu kacang yang gurih dan manis.

 

Dalam penyajiannya, ketoprak Cirebon menggunakan campuran lauk seperti ketupat atau lontong, tahu goreng, bihun, lontong, mentimun, serta telur dadar.

 

Demikianlah beberapa rekomendasi kuliner khas Cirebon yang sayang kamu lewatkan ketika mengunjungi ‘Kota Udang’. Jangan lupa icip-icip makanan-makanan di atas dan kuliner lezat Cirebon lainnya ya.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: