8 Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Anda Coba!

8 Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Anda Coba!

8 Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Anda Coba!--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Cirebon adalah sebuah kota yang terletak di bagian utara Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Cirebon memiliki banyak tempat bersejarah seperti Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kacirebonan. Selain itu, Cirebon juga mempunyai kekayaan warisan budaya seperti batik dengan corak khas Cirebon, tari topeng, wayang golek, dan lukisan kaca. 

Cirebon juga punya kuliner lokal yang tak kalah menarik. Menikmati kuliner Cirebon menjadi salah satu kegiatan wajib wisatawan ketika berkunjung ke Cirebon. Kegiatan wisata kuliner tersebut dikenal dengan nama wisata kuliner. 

Dalam beberapa tahun terakhir, wisata kuliner mengalami perkembangan pesat dalam industri pariwisata. Keunikan budaya Cirebon yang merupakan perpaduan budaya Hindu, Cina, dan Islam, telah mempengaruhi masakannya sehingga banyak melahirkan kuliner Cirebon yang enak dan menggugah selera. 

 

Berikut adalah 8 rekomendasi kuliner Cirebon yang wajib Anda coba:

 

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan hidangan nasi khas Cirebon yang dibungkus dengan daun jati. Nasinya disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sayur mayur. Nasi Jamblang yang paling terkenal terletak di Desa Jamblang, Cirebon.

2. Empal Gentong

Empal Gentong merupakan masakan sop daging sapi yang dimasak dengan berbagai macam bumbu seperti kayu manis, kapulaga, dan cengkeh. Supnya disajikan dengan kue beras dan sambal.

 

BACA JUGA: Kalo Ke Surabaya, Jangan Lupa Cicipi Ini! 7 Rekomendasi Makanan Khas Surabaya, Dijamin Ketagihan!

 

3. Mi Koclok

Sumber: