7 Dana Bansos yang Akan Cair Oktober 2023 untuk Semua Kalangan

7 Dana Bansos yang Akan Cair Oktober 2023 untuk Semua Kalangan

Dana Bansos yang Akan Cair Oktober 2023 untuk Semua Kalangan-RJ-

Pemerintah Indonesia kembali membuka kesempatan emas bagi masyarakatnya untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensinya melalui program Kartu Pra Kerja gelombang 62. Program ini memberikan peluang yang tak ternilai bagi individu yang ingin mengembangkan diri mereka di berbagai bidang.

Program Kartu Pra Kerja telah menjadi tonggak penting dalam upaya pemerintah untuk memajukan Tenaga Kerja Indonesia dan tentunya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Adapun insentif Kartu Pra Kerja itu terbagi dalam dua jenis: pertama, insentif biaya mencari kerja sebanyak satu kali sebesar Rp600.000, dan kedua, insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 yang diberikan paling banyak dua kali.

Ini adalah kabar menggembirakan di bulan Oktober ini, di mana pendaftaran program Kartu Pra Kerja gelombang 62 akan dibuka kembali pada tanggal 6 Oktober 2023.

Hal ini diumumkan melalui akun Instagram resmi Pra Kerja.go.id menyusul selesainya gelombang 61, dan bagi yang lolos, pencairannya akan dilakukan pada bulan Oktober

3. Bansos Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbud 2023

Bansos Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbud 2023 adalah komitmen Pemerintah untuk mendukung keluarga yang kurang mampu memastikan anak-anak mereka tetap bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Dana bantuan pendidikan PIP Kemdikbud 2023 akan kembali dicairkan untuk peserta didik SD, SMP, dan SMA yang telah terdaftar dan memiliki Kartu Indonesia Pintar. Pencairan bansos baru ini akan dimulai pada termin ketiga, yakni Oktober 2023.

Perlu diketahui bahwa dana program Indonesia Pintar hingga saat ini sudah cair ke lebih dari 9 juta siswa SD, SMP, SMA, dan SMK. Sebelum pencairan, siswa harus melakukan aktivasi rekening simpel di BRI atau BNI sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah.

Informasi lebih lanjut mengenai pencairan PIP Kemdikbud 2023 pada bulan Oktober dapat ditemukan di laman si Pintar (pip.com). Aktivasi rekening harus dilakukan sebelum batas waktu yang telah ditentukan oleh Kemdikbud.

4. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 4

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 tahun 2023 akan cair untuk alokasi September dan Oktober 2023.

Bantuan sosial atau Bansos PKH tahap keempat tahun 2023 akan dicairkan kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mulai dari pertengahan Oktober 2023 hingga akhir bulan November 2023.

BACA JUGA:Bansos PKH 2023: Ibu Hamil dan Balita Dapat Rp3 Juta Per KPM, Cek Info Lengkapnya di Sini!

Bantuan ini akan disalurkan kepada para KPM secara bertahap, khususnya untuk pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) merah putih, seperti pada bank BRI, BNI, Mandiri, dan BSI.

5. Bantuan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Pencairan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) rencananya akan beriringan dengan pencairan PKH tahap 4 melalui kartu KKS bank himbara.

Para KPM yang sudah tercatat secara resmi sebagai peserta dalam Program Perlindungan Masyarakat Kelas Menengah Ke Bawah (PMKS) akan memiliki posisi sebagai anggota keluarga penerima manfaat (KPM). Mereka akan mendapatkan dana bantuan bulanan sebesar Rp300 ribu sampai Rp 400.000.

6. Bantuan Penyaluran Beras 10 kg

Sumber: