1.000 Pegiat UMKM di Kabupaten Bogor Bakal Dapat Bantuan Rp600 Ribu

1.000 Pegiat UMKM di Kabupaten Bogor Bakal Dapat Bantuan Rp600 Ribu

Perajin menyelesaikan pembuatan tempat pulpen berbahan dasar bambu di Kampung Gembrong, Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu.-(Foto: Sandika Fadilah/Jabar Ekspres)-

BOGOR, RadarJabar - Bantuan Subsidi BBM untuk pengiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) direncanakan akan segera direalisasikan pada tahun ini.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana.

Ia mengatakan bahwa bantuan tersebut akan segera dicairkan pada tahun ini kepada seribu pengiat UMKM yang ada di Kabupaten Bogor.

"Target seribu pegiat UMKM ini subsidi BBM per orangnya menerima Rp600 ribu rupiah," ujar Asep Mulyana kepada Jabar Ekspres, Rabu, 19 Oktober 2022.

Dirinya mengatakan, bantuan tersebut akan diberikan kepada pegiat UMKM yang tidak pernah menerima bantuan apa pun baik dari dinas lain di Kabupaten Bogor maupun bantuan dari pemerintah pusat. 

"Jadi kami cek dulu pengiat UMKM mana saja yang belum menerima bantuan dari manapun, jadi tetap sasaran ketika memberi bantuan, jangan sampai yang sudah dapat, malah dapat lagi kasihan yang belum pernah dapat," tambahnya.

Kabupaten Bogor sendiri memiliki ribuan pengiat usaha mikro kecil menengah mulai dari UMKM kerajinan tangan, produksi pakaian hingga makanan.

Ditempat yang berbeda, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Teuku Mulya mengatakan, Pemerintah daerah menyiapkan Rp14 miliar untuk masyarakat yang terdampak imbas kenaikan harga BBM.

"Angka ini merupakan hasil rasionalisasi APBD 2022 untuk bantalan bagi UMKM, angkutan umum dan lainnya, dampak dari kenaikan BBM," pungkasnya.*** (SFR)

Sumber: Jabar Ekspres